sign up SIGN UP

Nggak Selalu Buruk, Ini Fakta Hingga Manfaat Mandi Malam Hari untuk Tubuh

Zeyra Haya | Kamis, 14 Oct 2021 18:30 WIB
Nggak Selalu Buruk, Ini Fakta Hingga Manfaat Mandi Malam Hari untuk Tubuh
Foto: Manfaat Mandi Malam Hari untuk Tubuh/Freepik.com/user18526052

Pernahkah kamu dilarang mandi malam? kebiasaan mandi malam hari sering dianggap sebagai kebiasaan buruk. Banyak pula mitos-mitos yang mengatakan bahwa mandi malam akan membahayakan kesehatan tubuh.

Usai beraktivitas, sebagian orang memilih untuk membersihkan dirinya tanpa memandang waktu. Ada juga sebagian orang yang memilih untuk mandi di malam hari agar mudah tertidur.

Namun banyak orang percaya, mandi malam hari dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti rematik hingga paru-paru basah. Lantas bagaimana faktanya?

Ini Manfaat Mandi Malam Hari Bagi Tubuh

Mitos-mitos mandi malam hari banyak beredar di masyarakat. Tak sedikit pula yang mempercayainya karena sebagian dari mitos tersebut sekalipun belum terbukti secara ilmiah.

Banyak orang beranggapan, mandi malam akan mendatangkan berbagai penyakit mulai dari masuk angin, kulit kering, asam urat, rematik hingga paru-paru basah.

Namun siapa sangka, di balik mitos-mitos mengerikan tersebut justru kebiasaan mandi malam hari memiliki segudang manfaat. Beauties, kenali fakta-fakta dan manfaat mandi malam berikut ini.

Tidak Selalu Buat Kulit Kering, Mandi Malam Justru Mempercepat Waktu Tidur

Bukan kebiasaan buruk, mandi malam justru memiliki banyak manfaat/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Bukan kebiasaan buruk, mandi malam justru memiliki banyak manfaat/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada mitos yang mengatakan bahwa kebiasaan mandi di malam hari akan membuat kulit menjadi kering dan keriput. Hal ini bisa terjadi jika seseorang terlalu lama terkena air saat mandi.

Maka dari itu, banyak ahli menganjurkan untuk mengurangi lama durasi mandi. Faktanya, mandi dalam waktu 5 sampai 10 menit di malam hari justru dapat mempercepat waktu tidur.

Penelitian mengatakan, mandi singkat dengan air hangat di malam hari akan merangsang aliran darah ke tangan dan kaki. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan mudah mengantuk.

Mandi Air Hangat untuk Hindari Masuk Angin dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat mandi malam hari, salah satunya meningkatkan kualitas tidur/Foto: pexels.com/Armin Rimoldi
(Manfaat mandi malam hari, salah satunya meningkatkan kualitas tidur/Foto: pexels.com/Armin Rimoldi)

Selain mempercepat waktu tidur, mandi malam hari nyatanya juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Mandi air hangat pada malam hari akan membantu proses pengaturan suhu alami yang membuat tidur lebih nyenyak.

Sebelumnya banyak mitos yang mengatakan mandi malam hari dapat menjadi penyebab masuk angin. Hal ini dapat terjadi apabila kita mandi menggunakan air dingin dengan kondisi badan kelelahan.

Kondisi ini dapat memicu naiknya suhu tubuh dan memicu penyempitan pembuluh darah. Oleh sebab itu, saat mandi malam dianjurkan menggunakan air hangat agar terhindar dari masuk angin.

Bukan Penyebab Rematik, Mandi Malam Justru Mengendurkan Otot yang Tegang

Bikin rileks, ini manfaat mandi air dingin di malam hari/Foto: pexels.com/Yan Krukov
(Bikin rileks, ini manfaat mandi air dingin di malam hari/Foto: pexels.com/Yan Krukov)

Sebelumnya banyak beredar mitos bahwa mandi di malam hari akan mendatangkan penyakit rematik. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar.

Rematik adalah sistem imun yang menyerang lapisan di sekitar persendian. Hingga saat ini, belum ada bukti medis yang membenarkan hal tersebut.

Alih-alih memicu rematik, mandi malam dengan air dingin justru dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang setelah beraktivitas seharian. Peneliti juga menemukan fakta bahwa mandi air dingin setelah berolahraga dapat menurunkan detak jantung sehingga terasa lebih nyaman.

Bukan Memicu Paru-paru Basah, Mandi Malam Justru Menurunkan Tekanan Darah

Alih-alih picu paru-paru basah, mandi malam hari justru dapat menurunkan tekanan darah/Foto: pexels.com/Sergey Torbik
(Alih-alih picu paru-paru basah, mandi malam hari justru dapat menurunkan tekanan darah/Foto: pexels.com/Sergey Torbik)

Sebagian orang mempercayai mitos bahwa mandi malam hari dapat memicu timbulnya penyakit paru-paru basah. Lagi-lagi, anggapan ini hanya mitos belaka ya Beauties!

Paru-paru basah atau Pneumonia adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada kantung udara di paru-paru dengan penyebab infeksi virus atau bakteri, bukan karena masuknya air saat mandi malam.

Faktanya, mandi malam hari justru memiliki manfaat yakni menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian mengungkap bahwa berendam dalam air hangat dapat membantu menurunkan tekanan darah terutama bagi orang tua. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fakta menarik, mandi malam hari baik untuk kekebalan tubuh/Foto: pexels.com/cottonbro
(Fakta menarik, mandi malam hari baik untuk kekebalan tubuh/Foto: pexels.com/cottonbro)

Siapa sangka, mandi di malam hari dengan menggunakan air dingin juga bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Penggunaan air dingin dalam jangka waktu tertentu dapat mengurangi penurunan waktu sakit.

Tak hanya itu, manfaat mandi malam hari lainnya adalah mengurangi insentitas gejala penyakit. Penelitian mengatakan, orang yang sering mandi menggunakan air dingin di malam hari akan merasakan gejala yang ringan saat sedang sakit, sehingga mereka masih bisa beraktivitas.

Beauties, itulah fakta-fakta yang sebenarnya terkait mandi malam hari. Tak disangka, justru kebiasaan yang sering dianggap buruk ini malah banyak memiliki manfaat baik bagi tubuh. Apakah kamu sering mandi malam?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id