sign up SIGN UP

Tidur Kurang Nyenyak, Coba Lakukan Gerakan Stretching Ini Sebelum Tidur

aqillah diaz | Senin, 26 Jul 2021 23:00 WIB
Tidur Kurang Nyenyak, Coba Lakukan Gerakan Stretching Ini Sebelum Tidur
caption

Susah tidur atau bahkan merasa tidur kurang nyaman di malam hari? Jika mengalami hal itu, kalian harus melakukan beberapa hal, seperti mendengarkan lagu, meminum minuman hangat, atau dapat melakukan stretching atau peregangan sebelum tidur agar tidur kalian dapat nyenyak dan nyaman. 

Stretching memiliki banyak manfaat, yakni dapat menurunkan tingkat stres, meregangkan otot yang kram, dan membantu otak untuk lebih mudah istirahat. Berikut beberapa gerakan stretching yang bisa kalian lakukan, Beauties.

Bear Hug

Bear hug / Foto : freepik
Bear hug / Foto : freepik

Jika kalian mengalami nyeri pada tulang belikat, maka peregangan ini dapat kalian lakukan agar membantu menghilangkan rasa tidak nyaman dan dapat melatih otot bagian punggung atas. Peregangan bear hug ini dapat melemaskan otot punggung dan gerakan ini hampir sama seperti saat memeluk seseorang. Kalian dapat melakukan gerakan ini dengan posisi berdiri atau duduk ya, Beauties.

Neck Stretches

Neck Stretches / foto : popsugar.com
Neck Stretches / foto : popsugar.com

Neck stretches adalah salah satu peregangan yang dapat dilakukan untuk meredakan ketegangan di kepala, leher, dan bahu. Kalian dapat melakukan gerakan ini dengan posisi duduk atau berdiri, kemudian angkat tangan melingkari kepala hingga dapat menyentuh telinga. Kemudian kalian dapat memiringkan kepala hingga menyentuh bahu kanan atau kiri. Kemudian lakukan peregangan leher sisi lain selama 8 detik sekali.

Seated Forward Bend 

Seated Forward Bend / Foto : pexels.com/MiriamAlonso
Seated Forward Bend / Foto : pexels.com/MiriamAlonso

Peregangan ini dapat membantu mengendurkan tulang belakang, bahu, dan da[at meregangkan punggung bagian bawah. Stretching ini juga disebut sebagai pose yoga paschimottanasana yang dapat merilekskan otot kaki, paha, betis, dan bahu.

Kalian dapat melakukan gerakan ini dengan posisi duduk dengan kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan terangkat ke atas. Lakukan gerakan ini seperti sedang mencium lutut ya! 

Child's pose

Child's pose / Foto : pexels.com/KarolinaGrabowska
Child's pose / Foto : pexels.com/KarolinaGrabowska

Child's pose adalah salah satu peregangan yang dapat kalian lakukan sebelum tidur untuk membuat tubuh menjadi rileks, mengatur pernapasan, mengurangi stres, dan dapat menghilangkan rasa sakit dan kekakuan otot punggung, bahu dan leher. Gerakan ini dapat bertujuan untuk memberikan jeda istirahat bagi tubuh. 

Kneeling Lat Stretch 

Kneeling Lat Stretch / Foto : healthline.com
Kneeling Lat Stretch / Foto : healthline.com

Gerakan stretching yang terakhir adalah kneeling lat stretch yang dapat membantu mengendurkan otot di area punggung dan bahu, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman di bagian tubuh belakang. Kalian dapat berlutut di depan kursi atau sofa, kemudian letakkan tangan di bagian kursi atau sofa dan tarik tulang belakang tubuh untuk melipat bagian depan tubuh dan tahan posisi ini selama 30 detik.

Nah, itu adalah beberapa gerakan stretching yang dapat dilakukan agar dapat tidur nyenyak dan nyaman. Tertarik mencobanya, Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id