sign up SIGN UP

LIFE

Tips Berat Badan Stabil Setelah Diet, Jangan Abaikan Motivasi Diri

Dian Aprilia | Kamis, 22 Jul 2021 15:45 WIB
Tips Berat Badan Stabil Setelah Diet, Jangan Abaikan Motivasi Diri
Berat badan/ foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Tantangan menjaga kesehatan itu bukan sekedar menurunkan badan ke jumlah ideal, tetapi juga menjaga kestabilan berat badan setelah diet. Sebab percuma jika kamu berhasil menurunkan berat badan dengan waktu cepat, tetapi berat badan mudah naik juga dalam waktu singkat. Jadi sama aja bohong, alhasil kamu masuk dalam fase diet yang tak kunjung usai.

Berat badan naik – diet – berat badan naik – diet dan begitu seterusnya. Nah bagi kamu yang ingin berat badan stabil usai diet, yuk terapkan 5 tips dari beautynesia.id sebagai berikut:  

Catat Makanan yang Dikonsumsi

Berat badan
Berat badan/pexels.com/Madison Inouye

Cara menurunkan berat badan yang pertama adalah memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebaiknya kamu juga membuat catatan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebagai bahan evaluasi harian.

Hal ini bisa membuatmu lebih mudah dalam mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kamu juga perlu mencatat waktu makan supaya kamu tahu kapan harus berhenti dan tetap makan. Hal ini sebagai cara paling mudah dan efektif untuk mempertahankan berat badan stabil saat diet.   

Rajin Berolahraga

Berat badan
Berat badan/pexels.com/Nathan Cowley

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pelaku program diet adalah berhenti atau malas berolahraga setelah mencapai berat badan idealnya. Padahal olahraga selama 250 menit atau 3 jam 10 menit per minggu bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal. Kamu bisa membaginya menjadi 60 menit.

Cek Berat Badan Secara Berkala

Berat badan
Berat badan/pexels.com/Ketut Subiyanto

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah cek berat badan secara berkala. Cara ini bisa membuatmu menyadari berat badan secara berkala, apakah berkurang, bertambah atau stabil. Sehingga kamu bisa menentukan strategi diet yang tepat agar mencapai berat badan ideal dan selalu stabil.

Selalu Sarapan

Berat badan
Berat badan/pexels.com/Daria Shevtsova

Cara mendapatkan berat badan ideal lainnya adalah dengan selalu sarapan. Selalu sarapan membuat badan tidak kekurangan nutrisi selama beraktivitas pada pagi dan siang hari. Selain itu dengan selalu sarapan, bisa membuatmu tidak terlalu serakah atau makan banyak saat siang hari. Sehingga bisa menjaga berat badan tetap ideal dan stabil.

Motivasi Diri

Berat badan
Berat badan/pexels.com/Tirachard Kumtanom

Langkah terakhir untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan motivasi diri. Sama halnya seperti mencapai target lainnya dalam hidup, motivasi diri juga diperlukan untuk mencapai target diet. Jangan jadikan turun berat badan sebagai tujuan akhir, melainkan bonus untuk mencapai kesehatan tubuh yang sempurna. Sehingga kamu tidak akan sedih apabila belum turun berat badan dan selalu terpacu untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar yakni kesehatan.

Itulah 5 tips agar berat badan tetap stabil setelah diet, jangan tinggalkan pola hidup sehat selama diet ya, beauties!  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id