sign up SIGN UP

LIFE

Yuk, Ganti Pola Hidup! 4 Gejala di Kulit Ini Menandakan Tubuhmu Sedang Tidak Fit

Sheila Fathin | Selasa, 23 Feb 2021 13:15 WIB
Yuk, Ganti Pola Hidup! 4 Gejala di Kulit Ini Menandakan Tubuhmu Sedang Tidak Fit
Morning Stretching/unsplash.com

Memiliki kulit sehat adalah idaman bagi semua orang. Tentunya dengan merawat kulit kita seperti menggunakan skincare dan jenis-jenis perawatan lainnya. Sayangnya, merawat kulit itu tidak hanya dari luar saja. Kulit juga perlu dirawat dari dalam. Faktor yang mempengaruhi adalah bagaimana jenis makanan yang kita pilih dan bagaimana mengatur pola hidup, juga menentukan baik-buruknya kulit kamu.  

Namun, bila akhir-akhir ini kamu merasa kulitmu tidak mengalami kemajuan yang signifikan dan malah muncul beberapa permasalahan lainnya. Sedangkan kamu sudah menggunakan produk skincare yang biasanya ampuh untuk merawat kulitmu yang bermasalah. Maka permasalahannya terletak pada pola hidupmu. Apakah kamu sedang melakukan diet extreme sehingga tidak memperhatikan nutrisi yang masuk? Atau apakah kamu sering begadang dan kurang minum air putih? Dari situ perlu diketahui bahwa kamu perlu merubah pola makan atau pola tidurmu. 

Kulit sehat adalah hasil dari keseimbangan pola hidup dan perawatan kulit dari luar. Nah, kali ini Beautynesia akan memberikan tanda-tanda pada kulit yang sering terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Sehingga, kamu bisa segera merubah pola hidupmu menjadi lebih sehat lagi.

Muncul Jerawat

Jerawat
Muncul jerawat/freepik.com

Muncul jerawat memang sering terjadi pada perempuan yang sedang dan akan mengalami menstruasi. Ini adalah jerawat hormonal yang akan hilang setelah masa PMS berakhir. Namun, jika sudah melewati fase itu tetapi jerawat baru masih tetap saja muncul dan tidak kunjung hilang, mungkin kamu bisa mengevaluasi berapa banyak gula yang dikonsumsi.

Terlalu banyak gula juga tidak terlalu bagus karena dapat memicu inflamasi yang dapat memperparah kondisi jerawat. Kurangnya Vitamin A dan Zinc juga bisa memicu timbulnya jerawat. 

Selain itu, munculnya jerawat juga bisa dipicu oleh stress. Sehingga ada baiknya kamu menyempatkan untuk berolahraga. Selain sehat kamu akan mendapati kulitmu tampak glowing dan sehat.

Psoriasis 

kulit gatal-gatal
Permasalahan Kulit/freepik.com

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri. Mengutip dari L'officiel psoriasis disebabkan oleh tubuh yang kesulitan mencerna gluten. Terdapat beberapa orang yang kondisi tubuhnya peka terhadap gluten, maka dari itu ada baiknya memilih makanan yang gluten free. Pastikan nutrisi makananmu seimbang.

Skin Eczema 

Eczema ditandai dengan ruam-ruam merah yang cenderung gatal. Biasanya hal ini muncul akibat seseorang yang tidak tahan dengan susu atau alergi dengan susu. Jika kamu memang suka susu tetapi memiliki alergi dan bisa menyebabkan kulitmu semakin memburuk. Kamu bisa mencoba minuman probiotik yang juga dapat membantu mengatasi masalah ini.

Kulit Kering 

Kulit kering terjadi karena kurangnya hidrasi dalam tubuh. Agar tidak sering mengalami kulit kering. Kamu perlu untuk minum minimal 2 liter air mineral dalam sehari. Sehingga kulitmu juga akan terawat dari dalam. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id