sign up SIGN UP

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat untuk Si Pelupa, Salah Satunya Jangan Kebanyakan Konsumsi Gula!

Octavia Tunggal Dewi | Selasa, 12 Oct 2021 18:30 WIB
5 Tips Meningkatkan Daya Ingat untuk Si Pelupa, Salah Satunya Jangan Kebanyakan Konsumsi Gula!
caption

Untuk kamu yang sering lupa terhadap sesuatu, tentunya hal ini sangat mengesalkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari ya, Beauties. Apalagi jika sedang ada yang penting, eh malah berakhir lupa. Nah kini tak perlu khawatir lagi, karena ternyata hal tersebut dapat diatasi.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu lho! Nah penasaran bagaimana caranya? Yuk simak beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat buat kamu yang sering lupa di bawah ini.

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi konsumsi gula
Mengurangi Konsumsi Gula/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Mengonsumsi gula terlalu banyak ternyata tidak hanya memberikan dampak negatif terhadap kesehatan seperti berisiko terkena penyakit kronis. Tetapi menurut penelitian, mengonsumsi gula berlebih juga dapat menyebabkan memori yang buruk.

Selain itu, hal ini dapat membuat volume otak berkurang terutama area otak yang menyimpan memori jangka pendek. Maka dari itu, kurangi mengonsumsi gula pada makanan atau minuman manis ya!

2. Rutin Lakukan Meditasi

Rutin melakukan meditasi
Rutin Lakukan Meditasi/Foto: Freepik.com/Freepik

Melakukan meditasi telah terbukti dapat meningkatkan materi kelabu yang mengandung badan sel neuro di otak. Teknik meditasi serta relaksasi pun telah terbukti mampu meningkatkan ingatan jangka pendek terhadap orang-orang dalam beragam usia, baik orang dewasa maupun orang tua.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup
Tidur yang Cukup/Foto: Freepik.com/Jcomp

Dapatkan waktu tidur yang cukup sekitar 8 jam dalam semalam. Karena kurangnya waktu tidur dapat membuat memori menjadi buruk untuk beberapa waktu.

Sebab, tidur memiliki peran penting dalam konsolidasi memori. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya waktu tidur dapat memberikan dampak negatif pada ingatan seseorang.

4. Hindari Makanan Tinggi Kalori

Hindari makanan tinggi kalori
Hindari Makanan Tinggi Kalori/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Mengonsumsi makanan tinggi kalori data mengganggu daya ingat seseorang. Karena asupan tinggi kalori dapat memicu inflamasi atau peradangan yang berdampak buruk terhadap kesehatan otak. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari makanan tinggi kalori untuk membantu meningkatkan daya ingat kamu ya, Beauties!

5. Sering Melatih Daya Berpikir

Sering melatih daya berpikir
Sering Melatih Daya Berpikir/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Sering melakukan latihan terhadap kemampuan berpikir. Melatih keterampilan kognitif dengan melakukan permainan otak adalah cara menyenangkan yang efektif untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Karena melakukan pelatihan otak terbukti mampu mengurangi risiko demensia terhadap orang dewasa yang berusia lebih tua.

Beauties, itu dia beberapa tips meningkatkan daya ingat seseorang. Tentunya menjadi sosok pelupa adalah hal yang menyebalkan dan mengganggu. Sering berlatih dan perhatikan hal-hal kecil termasuk makanan yang dikonsumsi ya. Jadi gimana, siap untuk mencoba? Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id