sign up SIGN UP

Jangan Anggap Remeh, Kenali Lebih Jauh tentang Borderline Personality Disorder

Wandha Kusuma | Sabtu, 11 Sep 2021 21:30 WIB
Jangan Anggap Remeh, Kenali Lebih Jauh tentang Borderline Personality Disorder
caption
Jakarta -

Saat ini masyarakat sudah mulai aware dengan kesehatan atau gangguan mental. Sebagian sudah tak malu atau merasa terganggu dengan kenyataan bahwa ia harus mendapat penanganan dari profesional. Beberapa waktu lalu, artis cantik Ariel Tatum mulai speak up tentang dirinya yang mengidap Borderline Personality Disorder (BPD).

Borderline Personality Disorder merupakan salah satu dari sekian gangguan terhadap kepribadian. Ini penjelasan lebih detail terkait BPD.

Apa Itu BPD?

bpd
Gangguan terhadap hubungan jadi salah satu ciri BPD/sumber: freepik.com

Borderline Personality Disorder (BPD) adalah kondisi yang ditandai dengan kesulitan mengatur emosi. Ketika pengidap BDP merasakan suatu emosi secara intens, ini akan berlangsung lama dan cukup sulit bagi mereka untuk kembali stabil apalagi setelah terpancing emosionalnya.

Kesulitan yang dirasakan oleh pengidap BPD bisa menyebabkan impulsif, hubungan yang kacau, serta respon emosional terhadap stresor. Ketika mereka berjuang untuk mengelola dirinya, bisa juga malah mengakibatkan perilaku berbahaya seperti melukai diri.

Gejala BPD

Orang dengan BPD mengalami perubahan suasana hati, mampu merasakan ketidakstabilan dan rasa tidak aman yang luar biasa. Berikut beberapa gejalanya:

1. Hubungan personal yang tidak stabil dan berganti-ganti, seperti merasa 'suka' dan 'tidak suka' yang dikenal sebagai 'splitting.'
2. Citra diri yang terdistorsi dan tidak stabil, sehingga mempengaruhi suasana hati, pendapat, tujuan, bahkan hubungan.
3. Perilaku melukai diri sendiri termasuk ancaman atau upaya bunuh diri.
4. Suasana hati depresi yang intens, cepat marah atau cemas dalam beberapa jam hingga beberapa hari.
5. Perasaan bosan atau hampa yang kronis.
6. Kemarahan yang tidak terkendali, biasanya kondisi ini juga diikuti dengan rasa malu dan bersalah.

Penyebab BPD

bpd
Penyebabnya bisa dari orang terdekat/sumber: freepik.com

Setiap gangguan mental pasti memiliki penyebab, ada beberapa penyebab terjadinya BPD dalam diri seseorang. Pertama, faktor keluarga di mana jika ada orang atau keluarga terdekat mengalami BPD memiliki resiko tinggi terkena gangguan tersebut.

Kedua adalah faktor lingkungan. Ini memungkinkan ketika seseorang mengalami situasi yang traumatis. Ketiga adalah fungsi otak, di mana bagian otak yang mengontrol emosi dan pengambilan keputusan tidak berkomunikasi atau berjalan secara optimal satu sama lain.

Kesehatan mental perlu dijaga sama seperti kesehatan fisik. Jika ada sesuatu yang sakit tentunya kita harus berkonsultasi dengan tenaga profesional. Tidak perlu takut karena saat kesehatan jiwa terjaga, tubuh akan lebih optimal dalam melakukan aktivitas.

Itu dia beberapa hal mengenai Borderline Personality Disorder. Apabila kamu mengalami beberapa tanda seperti di atas, jangan sungkan untuk meminta bantuan profesional ya, Beauties. Semoga sehat selalu!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id