sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Diet Aman untuk Busui Agar Langsing Tanpa Mengurangi Produksi ASI

Agesti | Kamis, 24 Dec 2020 16:15 WIB
Tips Diet Aman untuk Busui Agar Langsing Tanpa Mengurangi Produksi ASI
caption

Setelah melahirkan, menurunkan berat badan jadi semula salah satu keinginan sebagian ibu. Berbagai cara dilakukan demi mengurangi angka timbangan, mulai dari diet hingga olahraga. 

Namun ketika menjalani diet untuk menurunkan berat badan ini, tak jarang para ibu khawatir diet tersebut akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang diberikan. Benarkah?

Seperti dilansir dari Wolipop, Ahli Gizi Winda Ekayanti dari Universitas Sydney menuturkan, tak masalah bagi ibu menyusui untuk menjalani diet menurunkan berat badan. Hanya saja, tidak sembarang diet bisa dilakukan, Ladies! Winda Ekayati menerangkan bahwa diet yang dilakukan haruslah diet sehat. Lalu seperti apa diet yang tidak sehat itu?

“Diet sehat tidak menggunakan produk-produk tertentu, entah obat-obatan atau herbal yang tujuannya untuk melangsingkan tubuh,” ungkap Winda.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa mengurangi produksi ASI untuk buah hati, berikut tipsnya, Ladies!

1. Tetap Mengasihi

Ilustrasi wanita menyusui.
Berat badan akan turun dengan sendirinya selama menyusui. Sumber: Unsplash/Jan Kopriva

Ketika menyusui, wanita membutuhkan energi lebih untuk memproduksi ASI. Seperti diketahui bahwa ASI diproduksi menggunakan lemak yang didapat dari asupan makanan. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama mengasihi.

“Dengan menyusui eksklusif, ibu bisa menurunkan berat badan sendiri. Karena asupan lemak di tubuh dipakai untuk memproduksi ASI,” beri tahu Winda.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Ilustrasi makanan sehat
Makan makanan sehat berimbang selama menyusui juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sumber: Unsplash/Travis Yewell

Jadi cara diet yang tepat untuk wanita menyusui adalah mengonsumsi makanan sehat berimbang. 

“Porsi makan harus lengkap. Ada sumber karbohidrat kompleks, sayur, buah-buahan dan protein. Misalnya makanan sumber protein yang bagus yaitu ikan, daging, ayam dan juga kacang-kacangan. Selain itu, konsumsilah sayur hijau yang mengandung vitamin dan asam folat,” terangnya.


3. Jadwal Makan

Ilustrasi diet
Meski sedang diet, jadwal makan tetap tiga kali sehari ya! Sumber: Unsplash/Total Shape

Selain memperhatikan asupan makanan, jadwal makan ibu menyusui juga harus dijaga ya, Ladies! Jadwal tersebut meliputi tiga kali makan besar di pagi, siang dan malam hari. Kamu juga masih boleh memakan camilan kok! Namun maksimal tiga kali sehari di sela-sela jadwal makan. 

Perlu diketahui, jumlah kalori satu kali makan besar sekitar 350 sampai 500 kkal. Sementara satu kali camilan itu sekitar 150 kkal.

Nah, kalau kamu ingin menurunkan berat badan lebih cepat setelah melahirkan, kamu cukup menghilangkan camilan dalam menu makanan harian. Artinya dalam satu hari, kamu hanya tiga kali makan besar tanpa camilan. 

Itu dia tips diet aman untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan tanpa takut mengurangi produksi ASI untuk para ibu. Semoga tips tersebut bisa membantu ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id