sign up SIGN UP

5 Rutinitas Skincare untuk Meningkatkan Kolagen, Kulit Jadi Bebas Kerutan!

Henny Alifah | Kamis, 19 Aug 2021 12:00 WIB
5 Rutinitas Skincare untuk Meningkatkan Kolagen, Kulit Jadi Bebas Kerutan!
caption

Kolagen tak pernah lepas dari bahasan tentang kulit halus awet muda. Itu karena kolagen merupakan protein struktural utama di kulit yang dapat memberikan volume sehingga kulit halus dan bebas kerut.

Faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan polusi dapat memecah kolagen. Sementara itu, usia juga menjadi faktor utama berkurangnya produksi kolagen sehingga kulit pun tampak lebih tipis dan kendur seiring berjalannya waktu.

Kolagen akan mulai berkurang pada awal usia dua puluhan. Maka penting untuk menjaga kolagen yang kamu miliki sejak dini untuk merangsang kulit memproduksi protein ini dengan maksimal.

Dikutip dari Everyday Health bersama dermatologist Jennifer Chwalek, MD dan Marisa Garshick, MD, berikut adalah lima rutinitas skincare yang bisa mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

1. Pakai Retinoid

Produk retinoid dapat meningkatkan kolagen yang bisa membuat kulit halus awet muda
Produk Retinoid/ Foto: theordinary.deciem.com

Retinoid/retinol adalah turunan vitamin A yang meningkatkan regulasi gen yang terlibat dalam produksi kolagen. Menurut penelitian di Journal of Cosmetic Dermatology pada pada Maret 2016, kerutan wajah berkurang setelah menerapkan retinol selama 12 minggu.

2. Bakuchiol, Alternatif Pengganti Retinoid

Produk bakuchiol dapat meningkatkan kolagen yang bisa membuat kulit halus awet muda
Produk Bakuchiol/ Foto: somethinc.com

Jika kulitmu sensitif terhadap retinoid, coba pakai bakuchiol. Bahan kandungan ini sama efektifnya seperti retinoid dalam merangsang pergantian sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen. Menurut sebuah penelitian di British Journal of Dermatology pada Juni 2018, bakuchiol memilih lebih sedikit risiko iritasi dibanding retinoid.

3. Aplikasikan Vitamin C Topikal

Vitamin C topikal dapat meningkatkan kolagen yang bisa membuat kulit halus awet muda
Produk Vitamin C/ Foto: hanasui.id

Coba juga untuk mengoleskan serum vitamin C di pagi hari. Vitamin adalah antioksidan yang melindungi kolagen di kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Lebih dari itu, vitamin C dapat memicu pembentukan kolagen dan menstabilkan protein kolagen di kulit.

4. Gunakan Peptide

Produk peptide dapat meningkatkan kolagen yang bisa membuat kulit halus awet muda
Produk Peptide/ Foto: laneige.com

Menurut Paula's Choice, peptide adalah rantai pendek asam amino yang berfungsi sebagai penyusun protein. Produk skincare yang mengandung peptide dapat membantu produksi kolagen dan elastin di kulit sehingga kulit lebih kencang.

5. Oleskan Tabir Surya

Sunscreen dapat mencegah kerusakan kolagen yang bisa membuat kulit halus awet muda
Sunscreen/ Foto: Pexels/Kindel Media

Menurut banyak ahli kulit, sunscreen tak boleh absen dalam rutinitas skincare sehari-hari. Tabir surya memang sangat penting untuk pencegahan kanker kulit sekaligus untuk menjaga kulit tetap muda dan kenyal. Paparan UV dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, jadi pastikan untuk selalu memakai sunscreen secara teratur. Disarankan memilih tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Ingat juga untuk reapply sunscreen, terutama pada hari-hari ketika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang lama. Tabir surya biasanya bertahan dua jam, namun setiap produk memiliki formula masing-masing jadi ada baiknya ikuti rekomendasi reapplication produk sunscreen yang kamu pakai.

Selain itu, jangan lupakan bagian dagu, leher, dada, dan punggung tangan saat mengoleskan sunscreen. Area tersebut memiliki kulit yang tipis dan rawan terkena sinar matahari tapi sering luput dari perhatian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id