sign up SIGN UP

Anti Mager Mager Club! Begini Cara Skincare-an Tanpa Merasa Terbebani

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 29 Sep 2021 13:30 WIB
Anti Mager Mager Club! Begini Cara Skincare-an Tanpa Merasa Terbebani
caption
Jakarta -

Merawat kulit atau yang istilah bekennya skincare-an memang tengah menjadi primadona pada saat ini. Terlebih bagi para perempuan yang pada dasarnya punya kecenderungan hobi merawat diri. Tidak heran jika banyak produk perawatan kulit yang laris manis di pasaran.

Jenisnya yang begitu beragam memang terkadang membuat bingung dan melelahkan untuk memilih yang paling tepat. Mulai dari produk pelembab, exfoliant, krim, serum lainnya semua telah tersedia dan tinggal disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Lain lagi dengan proses perawatan kulit itu sendiri yang sejatinya perlu dilakukan terus menerus. Tidak jarang hal ini bisa mendatangkan rasa bosan bahkan terbebani.

Nah, untuk mengurangi rasa terbebani ini, sebagaimana dikutip dari Healthline, para ahli menyarankan untuk memisahkan rangkaian perawatan kulit dalam pembagian waktu mulai dari harian, mingguan dan bulanan. Untuk lebih lengkapnya, langsung simak di bawah ini.

Perawatan Harian

Perawatan harian/ Foto: Freepik.com
Perawatan harian/ Foto: Freepik.com

Langkah pertama adalah perawatan harian. Menurut para ahli ada tiga hal pokok yang penting dalam perawatan kulit harian yaitu pembersihan setiap malam, menggunakan sunscreen dan menggunakan produk sesuai kebutuhan.

Mengenai pembersihan kulit pada malam hari, para ahli berpendapat, membersihkan sisa-sisa kotoran dari riasan wajah, minyak, polusi dan bakteri yang menumpuk pada pori-pori menggunakan micellar water di malam hari adalah suatu keharusan. Bahkan hal ini dianggap lebih penting dari pembersihan di pagi hari.

Menurut para ahli, pembersihan pagi hari menggunakan air ataupun micellar water bisa dikatakan cukup. Namun, jika konteks pembersihan pada malam hari, maka disarankan untuk melakukan double bahkan triple cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

Sementara itu, untuk sunscreen sendiri sangat disarankan penggunaannya setiap hari karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Para ahli menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 UV dan UV setiap hari. 

Satu lagi step harian yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan produk yang dipakai dengan kebutuhan kulit. Para ahli menyarankan untuk tidak perlu takut melewati atau skip satu langkah perawatan jika memang tidak dibutuhkan oleh kulit. Fokuslah pada apa yang dibutuhkan oleh kulit. 

Perawatan Mingguan

Perawatan mingguan/ Foto: Freepik.com
Perawatan mingguan/ Foto: Freepik.com

Beralih dari skala perawatan harian, para ahli selanjutnya menyarankan untuk melakukan perawatan mingguan. Ada dua hal yang penting dilakukan menurut ahli yaitu mempertimbangkan untuk eksfoliasi dan melihat kondisi penyumbatan pori-pori.

Untuk eksfoliasi, para ahli mengingatkan bahwa eksfoliasi menjadi hal yang penting karena dapat mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah menjadi kusam dan terasa kasar. Eksfoliasi seminggu sekali dapat membuat kulit menjadi lebih halus, cerah dan mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat.

Pertimbangkan pula bahan eksfoliasi yang digunakan. Salah satu pilihannya adalah exfoliant kimia seperti AHA dan BHA karena dapat membersihkan dengan lembut. Sementara itu, kondisi penyumbatan pori-pori juga perlu diperhatikan. Lihatlah area hidung dan sekitarnya.

Jika terlihat adanya penyumbatan oleh komedo dan filamen sebaceous maka pertimbangkan untuk menggunakan masker bahan dasar tanah liat atau arang. Selain itu pijatan lembut menggunakan minyak juga bisa membantu hal ini.

Hal yang Harus Kamu Lakukan Tiap Bulan

Mengecek tanggal kadaluwarsa produk/ Foto: Freepik.com
Mengecek tanggal kadaluwarsa produk/ Foto: Freepik.com

Selain perawatan harian dan mingguan, para ahli juga menyarankan hal-hal yang harus dilakukan sebulan sekali. Adapun hal tersebut ialah memeriksa tanggal kedaluwarsa produk perawatan kulit yang digunakan dan memeriksakan kulit.

Memeriksa tanggal kedaluwarsa produk perawatan yang digunakan penting dilakukan guna memastikan bahwa produk tersebut masih aman untuk digunakan. Selain itu pertimbangkan pula produk yang sudah dirasa terkontaminasi oleh bakteri secara langsung karena diambil dengan tangan secara langsung.

Jangan ragu untuk membuang produk apabila ditemukan perubahan fisik seperti warna atau bahkan bau. Sementara itu untuk pemeriksaan kulit, ahli menyarankan untuk memeriksakan setiap bulan guna mengetahui kondisi kesehatan kulit dan penanganan yang tepat.

Perawatan yang Seharusnya Dilakukan pada Profesional

Melakukan perawatan pada ahlinya/ Foto: Freepik.com
Melakukan perawatan pada ahlinya/ Foto: Freepik.com

Para ahli mengingatkan bahwa ada beberapa perawatan yang seharusnya tidak dilakukan sendiri di rumah melainkan harus dilakukan oleh para profesional. Adapun perawatan yang dimaksud adalah chemical peeling, mengeluarkan pori-pori tersumbat dan mendiagnosis kondisi kulit.

Chemical peeling bukan sesuatu yang cocok untuk dicoba di rumah. Hal tersebut harus dilakukan oleh ahlinya. Bahan chemical peeling seperti alfa hidroksi bisa meningkatkan fotosensitifitas kulit. Untuk itu, melakukannya pada ahlinya akan lebih aman karena bisa mendapatkan perawatan dan pencegahan pasca chemical peeling.

Gunakan chemical exfoliation atau ekfoliasi kimia, seperti toner.Peeling. / Foto: Freepik.com

Mengeluarkan pori-pori yang tersumbat juga tidak disarankan untuk dilakukan sendiri. Pori-pori tersumbat yang dimaksud disini bisa berupa jerawat yang meradang. Tidak jarang muncul perasaan ingin memencetnya sesegera mungkin. Namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan karena bisa menimbulkan inflamasi dan dampak buruk pasca peeling.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id