sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Mengatasi Bibir Hitam agar Merah Natural, Terlihat Segar dan Plumpy

Dian Aprilia | Minggu, 11 Jul 2021 15:30 WIB
Tips Mengatasi Bibir Hitam agar Merah Natural, Terlihat Segar dan Plumpy
caption

Bibir hitam atau gelap memang memberikan penampilan yang terkesan kusam dan lusuh. Untuk itu banyak wanita yang mencari cara menghilangkan bibir hitam, agar bibir terlihat lebih segar, indah dan plumpy.

Bibir hitam biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya adalah faktor genetik, kosmetik, sel-sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari dan kebiasaan merokok. Bagi kamu yang memiliki bibir hitam, simak beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan bibir hitam.

Pakai Lip Balm Setiap Hari

Cegah bibir hitam dengan lip balm
Cegah bibir hitam dengan lip balm/pexels.com/Ron Lach

Cara menghilangkan bibir hitam yang pertama adalah memakai lip balm setiap hari. Pastikan lip balm yang kamu gunakan mengandung SPF sehingga bisa melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan peningkatan pigmen di bibir yang membuatnya tampak gelap dan bikin bibir hitam.

Selain itu pilih lip balm yang mengandung zinc oxide. Sebab kandungan ini bisa menghalangi efek paparan sinar matahari. Selain membuat bibir terlihat cerah, lip balm juga bikin bibir lembab sepanjang waktu.

Gunakan Lip Mask Setiap Malam

Cegah bibir hitam dengan lip mask
Cegah bibir hitam dengan lip mask/pexels.com/Monstera

Meski produk lip mask tidak sepopuler lip balm, tetapi lip mask sangat ampuh untuk menghilangkan bibir hitam. Cara agar bibir tidak hitam adalah dengan menggunakan lip mask setiap malam atau sesuai kebutuhan.

Penggunaan lip mask yang teratur bisa menutrisi bibir serta menjaga agar bibir tidak kulit. Lip mask juga ampuh untuk mengelupas sel-sel kulit mati di bibir yang bikin bibir hitam, sehingga sel-sel kulit bisa diperbarui terus menerus.

Rutin Eksfoliasi Bibir

Cegah bibir hitam dengan lip scrub
Cegah bibir hitam dengan lip scrub/pexels.com/SHVETS production

Selain lip mask, kamu juga perlu rutin mengeksfoliasi bibir. Cara agar bibir tidak hitam adalah dengan menggunakan lip scrub agar sel-sel kulit mati di bibir terangkat dan digantikan dengan lapisan baru yang lebih cerah.

Kamu bisa menggunakan lip scrub dari bahan alami seperti gula, madu dan juga perasan lemon. Sebaiknya lakukan 1-2 kali per minggu untuk mendapatkan hasil bibir yang cerah dan segar.  

Hindari Merokok dan Alkohol

Cegah bibir hitam dengan hindari alkohol
Cegah bibir hitam dengan hindari alkohol/pexels.com/Aleks BM

Gaya hidup yang buruk juga bisa menyebabkan bibir hitam. Cara agar bibir tidak hitam adalah dengan menghindari merokok dan konsumsi alkohol. Selain tidak sehat untuk organ-organ tubuh, seperti paru-paru, jantung, lever dan lainnya. Merokok dan alkohol bisa sebabkan bibir hitam dan penampilan tidak segar.  

Minum Air Putih yang Cukup

Cegah bibir hitam dengan minum air
Cegah bibir hitam dengan minum air/pexels.com/Daria Shevtsova

Terakhir, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Cara membuat bibir tampak merah alami adalah dengan minum air putih sesuai dengan kebutuhan. Minum air juga bagus untuk menghidrasi kulit dan membuat tubuh tetap segar dan sehat.

Itulah 5 tips mengatasi bibir hitam agar merah natural, terlihat segar dan plumpy. Selamat mencoba beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id