STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Benarkah Manfaat Puasa Salah Satunya Bikin Otak Makin Cerdas dan Sehat? Ini Faktanya!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Minggu, 24 Apr 2022 14:00 WIB
Benarkah Manfaat Puasa Salah Satunya Bikin Otak Makin Cerdas dan Sehat? Ini Faktanya!

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan gerak seluruh tubuh, karena otaklah yang menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia. Namun, dengan bertambahnya usia, kesehatan otak juga bisa menurun.

Penurunan kemampuan dan fungsi otak seperti penurunan kognitif merupakan tanda penuaan yang ditakuti banyak orang. Jika tidak diantisipasi dari awal, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena demensia, pikun, dan penyakit alzheirmer saat masa tua.

Tapi, tenang Beauties, ada berbagai cara menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Baik dengan cara latihan otak sampai berpuasa ternyata memiliki efek positif terhadap otak. Yuk simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber!

1. Stimulasi Kognitif

Ilustrasi stimulasi kognitif/ Foto: unsplash.com/ Ross Sneddon
Ilustrasi stimulasi kognitif/ Foto: unsplash.com/ Ross Sneddon

Dilansir dari detikEdu, yang dikutip dari Harvard Medical School, pemberian stimulus untuk aktivitas otak dapat merangsang koneksi baru antar sel-sel saraf. Senam otak dan permainan yang membutuhkan upaya kognitif seperti mengisi teka-teki silang, membaca, menggambar, mengerjakan soal, maupun mempelajari hal baru dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

2. Latihan Fisik

Ilustrasi latihan fisik/ Foto: unsplash.com/ Anupam Mahapatra
Ilustrasi latihan fisik/ Foto: unsplash.com/ Anupam Mahapatra

Masih melansir dari sumber yang sama, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membantu kinerja otak. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah kecil untuk membawa darah yang kaya oksigen ke otak.

Olahraga mampu merangsang perkembangan dan peningkatan sel saraf agar lebih optimal. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan membakar kalori. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, berjalan kaki dan senam.

3. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Ilustrasi makanan/ Foto: unsplash.com/ Magalie De Preux
Ilustrasi makanan/ Foto: unsplash.com/ Magalie De Preux

Mengutip dari Medical News Today, asupan makanan bernutrisi dan kaya akan anti oksidan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan otak. Antioksidan menangkal radikal bebas dan peradangan serta menurunkan kemungkinan menderita demensia.

Makanan yang mengandung antioksidan adalah kacang-kacangan, coklat hitam, minyak ikan, dan telur. Hindari untuk mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan makanan cepat saji ya, Beauties.

4. Istirahat Cukup

Ilustrasi istirahat/ Foto: pexels.com/ Craig Adderley
Ilustrasi istirahat/ Foto: pexels.com/ Craig Adderley

Istirahat yang cukup memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan otak dan kemampuan berpikir. Dilansir dari detikHealth, yang mengutip dari Times of India, ketika kamu tidur otak akan melakukan regenerasi sel, memilah informasi dan membantu proses pengubahan memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang. Jadi, disarankan untuk tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya.

5. Berpuasa

Ilustrasi suasana puasa/ Foto: unsplash.com/ Aziz Acharki
Ilustrasi suasana puasa/ Foto: unsplash.com/ Aziz Acharki

Dilansir dari CNBC Indonesia, yang dihimpun dari Amenclinics, siapa sangka jika berpuasa ternyata dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini sesuai dengan penelitian di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang mengatakan bahwa berpuasa atau mengurangi makan selama beberapa minggu memberikan efek peningkatan daya ingat.

Berpuasa juga dapat mengurangi peradangan pada otak yang bisa menyebabkan gangguan seperti depresi, bipolar dan obsesif kompulsif. Lalu, menurut sebuah penelitian di Nutrition Research, puasa diklaim bisa mengurangi peradangan karena baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan kesejahteraan mental health. Wah ternyata puasa kaya manfaat banget ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE