sign up SIGN UP

6 Manfaat Forest Bathing, Cara Cerdas Menghilangkan Stres Ala Orang Jepang

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 08:45 WIB
6 Manfaat Forest Bathing, Cara Cerdas Menghilangkan Stres Ala Orang Jepang
caption
Jakarta -

Forest bathing adalah sebuah metode penghilang stres yang terkenal dari negara Jepang. Praktik ini dikenal dengan istilah shinrin yoku dalam bahasa tempatnya berasal dan telah diterima sebagai langkah pencegahan bagi penyakit baik fisik maupun mental.

Konsep ini telah ada di Jepang sejak 1980 dan telah banyak dipelajari oleh para peneliti. Studi yang dilakukan itu sendiri telah membuktikan manfaat dari terapi ini dan menyatakan bahwa forest bathing layak menjadi bagian dari sistem kesehatan di Jepang. Dilansir dari Forest Holidays, inilah beberapa manfaatnya.

Mengurangi Stres

Forest bathing dapat mengurangi stres/Foto: Pexels/Özgür
Forest bathing dapat mengurangi stres/Foto: Pexels/Özgür

Seorang profesor dari Chiba University di Jepang telah meneliti manfaat dari forest bathing sejak tahun 2004. Melalui penelitiannya itu, beliau menemukan fakta bahwa dibandingkan dengan berjalan-jalan di lingkungan perkotaan, forest bathing dapat menurunkan sebanyak 12,4 persen hormon penyebab stres, yaitu kortisol.

Memperbaiki Mood

Akademika di University of Derby telah mengadakan meta-analisis dari penelitian terdahulu yang menghasilkan kesimpulan bahwa bersinggungan dengan alam dapat memengaruhi kebahagiaan dan kesejahteraan mental.

Menghabiskan waktu di tengah alam bebas membuat tubuh mampu memproduksi hormon yang berhubungan dengan kebahagiaan, ketenangan, dan menghindarkan pikiran dari hal-hal yang mengganggu.

Memacu Kreativitas

Memacu kreativitas dengan forest bathing/Foto: Pexels/Bill White
Memacu kreativitas dengan forest bathing/Foto: Pexels/Bill White

Pada salah satu studi yang dilakukan oleh David Strayer, seorang profesor psikolog dari University of Utah, pastisipan merasa bahwa kemampuan penyelesaian masalah secara kreatif meningkat sebanyak 50% setelah menghabiskan waktu selama tiga hari untuk menikmati keindahan alam dan berhenti sejenak dari paparan teknologi modern.

Meningkatkan Sistem Imun

Pohon dan tumbuhan memancarkan phytoncides yang dapat kita hirup ketika menghabiskan waktu untuk berada di hutan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Qing Li, peneliti Shinrin Yoku asal Jepang, untuk meningkatkan aktivitas dari sel natural killer yang dapat membantu tubuh memerangi penyakit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Forest bathing untuk menurunkan tekanan darah tinggi/Foto: Pexels/Tyler Lastovich
Forest bathing untuk menurunkan tekanan darah tinggi/Foto: Pexels/Tyler Lastovich

Forest bathing terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini merupakan faktor yang sangat krusial untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi meta-analisis terbaru di Jepang mengamati sebanyak 20 percobaan yang melibatkan 732 partisipan mendemonstrasikan bahwa tingkat tekanan darah di lingkungan hutan menurun secara signifikan daripada ketika berada di lingkungan lain.

Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Alam dapat menjadi katalisator kuat dalam sebuah proses penyembuhan. Studi terkemuka di ranah ini yang dilakukan oleh Dr. Roger Ulrich, seorang arsitek yang khusus mendesain bangunan untuk perawatan kesehatan, menunjukkan bahwa pemandangan alam dari jendela saja dapat mengurangi masa penyembuhan selama satu hari dibandingkan dengan pemandangan di lingkungan perkotaan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id