sign up SIGN UP

Fenomena Netizen yang Gemar Merekam Tanpa Izin dan Membagikan Informasi Tanpa Cek Fakta: Bisa Dipidana!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 19:00 WIB
Fenomena Netizen yang Gemar Merekam Tanpa Izin dan Membagikan Informasi Tanpa Cek Fakta: Bisa Dipidana!

Di era digital, desentralisasi informasi menguntungkan pengguna karena mereka memiliki kendali penuh untuk mengunggah konten secara real time tanpa kurasi. Namun, kendali penuh ini kerap menjadi bumerang baik bagi pengunggah konten tangan pertama, penyebarnya, bahkan khalayak yang melihatnya.

Budaya cek fakta sebelum mengunggah informasi tampaknya masih belum diterapkan oleh banyak warganet. Terbukti dari beberapa kasus disinformasi, misinformasi dan hoaks yang masih merajalela. Demam viral membuat oknum-oknum mental impulsif termotivasi untuk menjadi penyebar informasi tangan pertama.

Kabar buruknya, banyak oknum yang melakukan segala cara demi mendapat pengakuan tersebut. Muncul tabiat asal menyebar suatu informasi tanpa crosscheck fakta sebenarnya terlebih dahulu. Bahkan, muncul budaya merekam tanpa izin dan menyebar spekulasi pribadi perekam seolah-olah sebagai suatu fakta.

Hal ini merupakan salah satu bentuk misinformasi yang bisa merugikan pihak yang terlibat dalam konten. Akibatnya, nama baik yang bersangkutan dapat tercemar, mendatangkan kerugian materiil, dan dapat berujung pada tuntutan pidana kepada perekam.

Viral Netizen Julid soal Video OB Membersihkan Sepatu Pengunjung Mal

Kasus Pengunjung Mal vs OB Viral/Foto: Instagram/@wandaponika
Kasus Pengunjung Mal vs OB Viral/Foto: Instagram/@wandaponika

Salah satu kasus yang masih hangat dibicarakan adalah tentang seorang office boy (OB) atau petugas kebersihan yang membersihkan sepatu salah seorang pengunjung mall. Dilihat dari sudut pandang rekaman video, tampak pengunjung mall tersebut sedang duduk di meja kafe outdoor bersama perempuan yang ternyata adalah saudaranya.

Dari kejauhan, terekam momen di mana OB berbaju biru tersebut berjongkok di hadapan pengunjung mall sambil menyiramkan air dan menggosok bagian bawah sepatu pengunjung dengan alat pembersih lantai yang ia bawa. Perekam mengatakan bahwa ia tidak tega melihat petugas tersebut diperlakukan seperti tidak hormat.

Ketika video tersebut tersebar luas di media sosial, sontak saja warganet kompak geram dan menghujat pengunjung mall berbaju putih itu. Beberapa orang berkomentar beranggapan bahwa seharusnya pengunjung tersebut bisa melepas sepatunya jika memang meminta OB untuk membersihkannya, sehingga tidak terkesan merendahkan profesi dan martabat pegawai mall tersebut.

Setelah viralnya video tersebut, seorang perancang perhiasan terkenal yang turut mengunggah video tersebut ke media sosial, Wanda Ponika, muncul menampilkan sebuah klarifikasi di akun Instagram @wandaponika. Dalam Instagram Story, diunggah sebuah tangkapan layar percakapannya dengan orang yang mengaku sebagai ibu pengunjung mall dalam konten tersebut. Dalam percakapan mereka, terungkap fakta tentang kejadian yang sebenarnya.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id