sign up SIGN UP

Kamu Sudah Tahu? Ini Negara yang Pernah Dapat Predikat 'Negara Tersehat di Dunia', Apa Rahasianya?

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 10:30 WIB
Kamu Sudah Tahu? Ini Negara yang Pernah Dapat Predikat 'Negara Tersehat di Dunia', Apa Rahasianya?
caption

Kesehatan merupakan hal yang paling utama jika kita mau tetap produktif sampai tua. Ya, menjaga kesehatan memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Agar tetap sehat kita perlu menjaga pola makan, rutin berolah raga, dan disiplin menerapkan gaya hidup sehat. Hal yang paling utama jika kita ingin tetap sehat hingga lanjut usia adalah disiplin menjaga pola makan dan tidak sembarangan memilih makanan.

Menurut Bloomberg Healthiest Country Index, Spanyol merupakan negara tersehat di dunia. Ternyata mayoritas masyarakat Spanyol sangat disiplin dalam menerapkan gaya hidup sehat. Mayoritas penduduk Spanyol sangat memperhatikan pola makan dan sangat menyeleksi makanan apa saja yang layak untuk dikonsumsi.

Mau tau pola makan masyarakat Spanyol agar tubuh tetap sehat hingga usia senja? Mari simak ulasan berikut ini yang dilansir dari Spain's official tourism website.

1. Melakukan Diet Mediterania

Diet ini sangat menekankan seseorang untuk rutin mengkonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat/Foto: id.pinterest.com/Culinary Hill
Ilustrasi makanan dengan menu Diet Mediterania/Foto: id.pinterest.com/Culinary Hill

Ada yang sudah tahu apa itu Diet Mediterania? Diet ini mungkin masih sangat asing di telinga kita, ya. Namun, bagi masyarakat Spanyol Diet Mediterania bukan lah suatu hal yang asing, sebab mereka selalu rutin menjalankan diet tersebut.

Diet ini sangat menekankan seseorang untuk rutin mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat. Serat dan karbohidrat kompleks yang terdapat pada bahan bahan makanan tersebut mampu menjaga gula dalam darah tetap stabil. Inilah yang menyebabkan masyarakat Spanyol tetap sehat dan bugar di usia senja, hingga mendapat predikat negara tersehat sedunia.

2. Aturan Melakukan Diet Mediterania

Hal utama yang harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan adalah memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur/Foto: id.pinterest.com/Freepik
Ilustrasi keluarga yang membiasakan diri dengan makanan sehat/Foto: id.pinterest.com/Freepik

Diet Mediterania memiliki aturan sendiri agar hasil dari diet ini tampak maksimal. Hal utama yang harus dilakukan dan tidak boleh dilewatkan adalah memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur merupakan resep utama dalam membuat masakan Spanyol. Seperti pada perayaan tahun baru, hidangan tradisional yang disajikan oleh masyarakat Spanyol selalu berbahan dasar kentang, selada, rebusan kacang-kacangan, sayuran, dan olahan makanan dengan rempah-rempah yang kuat.

Meskipun sudah mengonsumsi buah dan sayur, kita tetap perlu menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Masyarakat Spanyol biasanya mengganti margarin dan minyak goreng dengan minyak zaitun. Mereka menyebut minyak zaitun ini sebagai ‘liquid gold’ atau cairan emas, sebab minyak zaitun mengandung asam oleat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Manfaat Melakukan Diet Mediterania

Dengan melakukan diet mediterania, tubuh kita akan merasakan manfaat yang luar biasa/Foto: pexels.com/Wellness Gallery Catalyst Foundation
Ilustrasi tetap bugar hingga usia senja/Foto: pexels.com/Wellness Gallery Catalyst Foundation

Dengan melakukan Diet Mediterania, tubuh kita akan merasakan manfaat yang luar biasa. Inilah manfaat yang akan kita dapatkan setelah menjalankan diet mediterania:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko terkena stroke
  • Mencegah penyakit Alzheimer
  • Menurutkan berat badan
  • Mencegah penyakit diabetes
  • Mengurangi peradangan

Itulah rahasia masyarakat Spanyol agar tetap sehat dan bugar hingga usia senja. Tunggu apa lagi? Mari kita melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai tanda bahwa kamu sangat menyayangi tubuhmu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id