sign up SIGN UP

Kecerdasan Anak Ternyata Bisa Dilihat dari 4 Kebiasaan Ini, Ada yang Sering Dilakukan Si Kecil?

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 10:00 WIB
Kecerdasan Anak Ternyata Bisa Dilihat dari 4 Kebiasaan Ini, Ada yang Sering Dilakukan Si Kecil?
caption

Beauties kelahiran 90an pasti akrab dengan Jimmy Neutron, film kartun yang mengisahkan anak kecil bernama Jimmy Neutron yang memiliki kecerdasan luar biasa dan memiliki IQ yang tinggi.

Anak yang cerdas seringkali diidentikkan dengan IQ (Intelligence Question) yang tinggi. Padahal, kecerdasan adalah bagian wajib dari perkembangan setiap anak.

Artinya, setiap anak dilahirkan dengan keunikan dan kecerdasannya tersendiri. Dan, kecerdasan nggak bisa hanya diukur dari ketertarikan dan membaca dan menghitung

Ada 8 jenis kecerdasan yang beberapa di antaranya bisa dimiliki setiap anak. Akan lebih baik kalau Beauties lebih peka melihat kecerdasan anak sejak anak masih usia dini.

Salah satu caranya, kecerdasan bisa terlihat dan dilatih lewat kebiasaan anak. Kebiasaan yang bagaimana ya? Check them out Beauties!

1. Ada Kebiasaan Spesifik

Ada Kebiasaan Spesifik Sesuai Jenis Kecerdasan/Foto : pexels.com/ cottonbro
Ada Kebiasaan Spesifik Sesuai Jenis Kecerdasan/Foto : pexels.com/ cottonbro

Dilansir dari HaiBunda, 8 jenis kecerdasan yang bisa dimiliki anak yaitu kecerdasan linguistik, naturalis, intrapersonal, interpersonal, kinestetik, visual-spasial, matematis, dan musikal.

Tiap kecerdasan punya ciri khas sendiri. Misal, anak dengan kecerdasan naturalis akan sangat suka bermain di alam dan diajak berkebun. Anak dengan kecerdasan visual akan punya rentang pilihan warna yang sangat beragam saat mewarnai.

Sehingga, jangan selalu terpatok dengan satu kecerdasan ya, Beauties. Tiap manusia bisa punya lebih dari 1 jenis kecerdasan. Beauties ciptakan saja banyak aktivitas, nanti bakal kelihatan aktivitas mana yang paling disukai si kecil sesuai kecerdasan bawaannya.

2. Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Latih Anak Punya Keingintahuan Besar/Foto : pexels.com/Pixabay
Latih Anak Punya Keingintahuan Besar/Foto : pexels.com/Pixabay

Kecerdasan anak juga dapat dilihat dari bagaimana mereka merespon hal atau tempat yang baru dilihat. Cara responnya?

Beauties pasti pernah lihat atau punya anak,adik,sepupu, atau murid yang hobi bertanya tentang apa yang mereka lihat dan kerjakan. Nah ternyata ini tanda kecerdasan seorang anak loh, Beauties.

Anak yang cerdas punya rasa ingin tahu yang besar. Untuk memuaskan keingitahuannya, mereka akan banyak bertanya. Eits, kalau anak ada dalam fase begini, jangan dimarahin ya, Beauties.

Justru harus dibimbing dan dilatih lagi supaya mereka lebih berani explore lagi. Beauties bisa latih kebiasaan ini dengan cara ikut menanyakan “kenapa” dan “bagaimana” dan lihat cara si kecil menjawab pertanyaan kamu.

3. Punya Kosakata Luas

Latih Anak Baca Buku Biar Punya Kosakata Luas/Foto : pexels.com/Andy Kuzma
Latih Anak Baca Buku Biar Punya Kosakata Luas/Foto : pexels.com/Andy Kuzma

Kecerdasan anak juga bisa dilihat tidak hanya dari kebiasaan mereka berbicara, tapi dari banyaknya kosakata yang mereka gunakan. Anak dengan banyak kosakata yang dimiliki, memiliki kecerdasan verbal yang baik.

Kosakata yang luas menandakan anak sudah mencapai perkembangan lebih cepat daripada anak seusianya. Beauties bisa dukung anak dengan bertanya apakah anak mengerti makna kata yang mereka ucapkan.

Supaya punya kosakata luas, Beauties juga sebaiknya punya kebiasaan membacakan buku dengan anak. Lewat cerita dan gambar, anak bisa menyerap kosakata dari buku.

4. Jadi Pengamat yang Baik

Latih Anak Mengamati Hal di Sekitarnya/Foto : pexels.com/Monstera
Latih Anak Mengamati Hal di Sekitarnya/Foto : pexels.com/Monstera

Ini ada hubungannya dengan rentang konsentrasi anak. Anak-anak cerdas punya kebiasaan senang mengamati dan memiliki rentang fokus lebih lama saat memperhatikan sesuatu.

Anak dengan kebiasaan mengamati akan memperhatikan dan mencari tau sesuatu sampai ke akarnya. Misalnya saat belajar menggoreng telur, anak akan fokus mengamati dan mengikuti alur menggoreng telur mulai dari cara memecahkan telur sampai menuangkan telur yang sudah digoreng ke atas piring.

Cara yang paling akurat memang dengan tes kecerdasan, tapi kecerdasan memang bisa terlihat dari beberapa kebiasaan tertentu dan udah bisa dilihat dari umur sedini mungkin.

Beauties juga bisa melatih anak untuk punya 4 kebiasaan di atas. Jadi, ada yang sering dilakukan si kecil nggak nih, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id