Sulit Menyelesaikan Pekerjaan sesuai Deadline? Tandanya Kamu Punya 4 Kebiasaan Manajemen Waktu yang Buruk Ini!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Sabtu, 15 Jul 2023 17:00 WIB
Sulit Menyelesaikan Pekerjaan sesuai Deadline? Tandanya Kamu Punya 4 Kebiasaan Manajemen Waktu yang Buruk Ini!/Foto: Freepik/cookie_studio

Banyaknya hal yang harus dan ingin dilakukan oleh seseorang dalam sehari membuat waktu 24 jam kerap dirasa kurang. Namun, nyatanya fenomena in hanya terjadi jika kamu memiliki kebiasaan manajemen yang buruk soal waktu.

Tanpa kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu akan sering stres dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Dilansir dari Time Doctor, inilah beberapa kebiasaan buruk soal manajemen waktu yang bisa pengaruhi kariermu!

Tidak Merencanakan Tujuan yang Konkret


Ilustrasi kebiasaan (Foto: Unsplash/Jesus Hilario H)

Fungsi dari menetapkan tujuan adalah untuk membantumu memahami apa yang harus kamu kerjakan. Jika kamu tidak punya tujuan yang jelas, sulit untuk membedakan antara tugas yang penting dengan gangguan sehingga berpotensi melewatkan tugas yang penting untuk menjalankan progresmu.

Salah satu cara efektif untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan adalah dengan membagi tujuan besar menjadi tugas yang lebih kecil dan menetapkan tujuan yang jelas dari tahapan tersebut. Kamu bisa menerapkan metode SMART (Spesifik, terukur, bisa dicapai, relevan, dan terikat waktu).

Gagal Mengikuti Daftar Tugas


Ilustrasi kebiasaan (Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Kegagalan untuk mengikuti atau menyelesaikan daftar tugas biasa terjadi karena kamu tidak membuatnya secara sistematis. Tanpa daftar tugas yang realistis dan sistematis, kamu akan kehilangan arah dan melupakan sesuatu.

Daftar tugas yang tidak efektif seperti itu juga dapat membuatmu tertekan dan kebingungan untuk memulai. Daftar tugas yang tidak efektif ini biasanya ditandai dengan tugas yang terlalu padat atau tidak punya tujuan jelas.

(naq/naq)