sign up SIGN UP

Takut Menghadapi Hari Senin? Mungkin Kamu Terkena Monday Blues! Apa Maksudnya?

Raudiya Nurfadilah | Senin, 06 Sep 2021 07:15 WIB
Takut Menghadapi Hari Senin? Mungkin Kamu Terkena Monday Blues! Apa Maksudnya?
caption

Sebagian orang sering merasa takut, cemas, khawatir ketika menghadapi aktivitas pada hari Senin. Hati-hati, Beauties, jika kamu sedang mengalami hal tersebut, mungkin kamu terkena Monday Blues. Apakah itu?

Menurut laman Forbes, Monday Blues menggambarkan serangkaian emosi negatif yang dialami oleh banyak di awal minggu kerja.

kamu tidak merasa bahagia di tempat kerja
kamu tidak merasa bahagia di tempat kerja/ Foto: Freepik/ Master1305

“ini mengandung unsur depresi, kelelahan, keputusasaan, dan perasaan bahwa pekerjaan itu tidak menyenangkan tetapi tidak dapat dihindari,” ujar Alexander Kjerulf, seorang penulis dan pembicara internasional tentang kebahagiaan di tempat kerja.

Monday Blues sangat umum terjadi dan telah menjadi fenomena budaya. Selain itu, cemas terhadap hari Senin bisa menjadi tanda peringatan serius bahwa ada sesuatu yang tidak beres si tempat kerja. Karena jika kamu merasa nyaman dan bahagia maka setiap berangkat kerja akan selalu bersemangat dan berenergi pada awal minggu, dan tidak merasa cemas, lelah, ataupun tertekan.

Monday Blues, takut pada hari senin
Monday Blues, takut pada hari senin/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

“Jika kamu menyukai pekerjaan dan semangat dengan apa yang dilakukan, masuk kerja Senin pagi adalah kesempatan lain untuk melakukan apa yang kamu sukai,” kata Rita Friedman, pelatih karir yang berbasis di Philadelphia, AS.

Monday Blues juga ternyata dapat berdampak negatif pada kinerja dan produktivitas serta orang-orang yang berada di sekitarmu. Menurut psikologi dan neurologi, bahwa keadaan emosional memiliki efek besar pada kualitas pekerjaan dan ketika merasa sedih, kamu akan kurang produktif, kurang termotivasi, lebih pesimis, kurang kreatif, dan lebih lambat.

Cara Mengurangi Rasa Monday Blues

Beauties, untuk mengurangi adanya kecemasan pada awal minggu, cobalah untuk mengikuti beberapa cara ini selama akhir pekan.

Tidak Menerima Sambungan Kantor Selama Akhir Pekan

Jika kamu secara terus menerus memeriksa kerjaan di akhir pekan, maka kamu akan merasa lelah ketika kerja di hari Senin. Mengutip laman Healthline, untuk menghentikan kebiasaan tersebut, cobalah untuk mematikan notifikasi handphone dan manfaatkan akhir pekan untuk bersantai dan bersenang-senang.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup
Tidur yang cukup/ foto: Freepik/ Drobotdean

Kurang tidur dapat berdampak besar pada perasaan di Senin pagi, dapat membuatmu lebih cemas dan depresi. Menurut Kathryn Ely, seorang konselor menyarankan untuk menjaga jadwal tidur dan bangun agar dapat menghindari kekacauan jam internal. Cobalah untuk tidur yang cukup yakni selama 8 jam.

Curhat pada Teman

Curhat kepada teman yang mengerti dirimu
Curhat kepada teman yang mengerti dirimu/ Foto: Freepik/ Shurkin_son

Terkadang, curhat merupakan cara terbaik agar kamu merasa nyaman, tetapi pastikan bahwa teman yang menjadi tempat curhatmu adalah orang yang terpercaya, paling mengerti, dan dapat membantumu merasa lebih percaya diri dan siap untuk menangani pekerjaan di tempat kerja.

Beauties, itulah penjelasan mengenai Monday Blues, jika kamu sedang mengalami hal tersebut maka cobalah untuk mengikuti beberapa cara di atas untuk mengurangi kecemasan terhadap Senin.


Our Sister Site

mommyasia.id