sign up SIGN UP

Viral di Medsos: Dosen Gunadarma Diduga Lecehkan Mahasiswi, Pihak Kampus Langsung Buka Suara!

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 09:15 WIB
Viral di Medsos: Dosen Gunadarma Diduga Lecehkan Mahasiswi, Pihak Kampus Langsung Buka Suara!
Dosen Universitas Gunadarma diduga lecehkan belasan mahasiswi/Foto: Getty Images/markgoddard
Jakarta -

Viral di media sosial salah seorang dosen di Universitas Gunadarma, Depok, diduga melakukan pelecehan seksual terhadap belasan mahasiswi. Diketahui dosen tersebut berinisial HP dan diduga melakukan pelecehan seksual melalui pesan dan telepon WhatsApp.

Kasus dugaan pelecehan seksual ini diungkap oleh Anak Gundar Creative Media di Instagram, @anakgundardotco pada Kamis (4/8). Ia membagikan beberapa bukti berupa tangkapan layar percakapan di WhatsApp, diduga antara korban dan HP.

Menurut akun tersebut, kejadian pelecehan seksual terjadi di tahun 2021. HP sendiri merupakan alumnus S1 Universitas Gunadarma 1997 dan alumnus S2 Universitas Gunadarma 2004.

"Kejadian ini terjadi di tahun 2021, saat ini oknum dosen tersebut masih aktif mengajar di 6 kelas di Universitas Gunadarma. Diketahui bahwa oknum ini telah melakukan pelecehan seksual ke beberapa mahasiswi," ungkap akun @anakgundardotco, Kamis (4/8).

Tangkapan layar WhatsApp, diduga percakapan antara HP dan korbanTangkapan layar WhatsApp, diduga percakapan antara HP dan korban/ Foto: Instagram/anakgundardotco

Salah satu dari tangkapan layar yang beredar, terlihat percakapan di mana diduga dosen tersebut bertanya kepada mahasiswi apakah ia mau menjadi istri keduanya. Dari tangkapan layar lainnya, terlihat ia membalas pertanyaan mahasiswi dengan kata-kata yang tidak pantas dan diakuinya sebagai candaan.

Dilansir dari CNN Indonesia, salah satu pengelola akun @anakgundardotco, A, menuturkan bahwa pelaku juga disebut kerap mengajak para korban untuk bertemu di luar. A mengatakan korban umumnya diajak bertemu di tempat makan, akan tetapi tak ada satupun korban yang menerima ajakan tersebut.

A juga mengatakan bahwa ia belum bisa memastikan berapa jumlah korban pelecehan dari dosen tersebut, sebab kasus pelecehan ini terus berlanjut hingga tahun ini. Salah satu korban, kata A, ada yang mengadukan pelecehan pada Juli lalu.

Universitas Gunadarma Buka Suara

Young woman showing her denial with NO on her handIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tharakorn

Menanggapi viral dugaan kasus pelecehan seksual yang melibatkan salah seorang dosennya, Universitas Gunadarma pun buka suara. Melalui akun Instagramnya, Universitas Gunadarma mengatakan telah menindak lanjuti informasi dugaan pelecehan seksual dan telah memberikan tindakan yang tegas sesuai dengan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021.

Setelah melakukan klarifikasi, pihak Universitas Gunadarma mengatakan bahwa dosen berinisial HP telah mengakui perbuatannya. Ia pun memutuskan untuk mengundurkan diri. 

"Menindaklanjuti kasus oknum dosen UG (Universitas Gunadarma) yang viral dalam dua hari ini, setelah melakukan klarifikasi, yang bersangkutan mengakui kesalahannya dan mengundurkan diri sebagai dosen Universitas Gunadarma," tulis akun @gunadarma di Instagram pada Kamis (4/8).

[Gambas:Instagram]

Universitas Gunadarma juga mengungkapkan bahwa mereka berkomitmen untuk menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan tugas.

"Komitmen Universitas Gunadarma untuk menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi sangatlah serius dan kami ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu pihak Universitas dalam melaksanakan tugasnya," tutupnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id