STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Wagub Jabar Minta Maaf usai Sebut Kasus Bullying Anak di Tasikmalaya Candaan dan Hal Biasa

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 09:15 WIB
Wagub Jabar Minta Maaf usai Sebut Kasus Bullying Anak di Tasikmalaya Candaan dan Hal Biasa

Baru-baru ini Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum jadi sorotan usai sebut kasus bullying yang menimpa seorang anak di Tasikmalaya hingga meninggal dunia sebagai candaan dan hal biasa. Namun, ia kemudian memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf atas pernyataannya tersebut.

Melalui konferensi pers yang diadakan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin (25/7), Uu memohon maaf atas perkataannya. Ia mengatakan bahwa apa yang ia sampaikan tidak bermaksud pada konteks soal kejadian bullying anak di Tasikmalaya.

Ia mengatakan bahwa ucapannya kala itu dalam konteks bercanda dengan para awak media. Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa hal tersebut tidak boleh disampaikan.

"Saya memohon maaf atas kesalahan statement saya tentang hal itu karena memang saya juga dulu pernah kecil dan biasa saling meledek, tapi itu salah. Jadi mohon maaf atas kesalahan saya," ungkapnya.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul UlumWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum/ Foto: Sudirman Wamad/detikcom

Sebagai informasi, seorang anak di Tasikmalaya berusia 11 tahun mengalami bullying hingga depresi. Akibat perundungan yang dilakukan rekannya, ia pun akhirnya sakit keras dan meninggal dunia. Mirisnya lagi, video perundungan tersebut disebarkan oleh pelaku dan menjadi viral di media sosial.

Tanggapan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum soal kasus bullying anak di Tasikmalaya sempat jadi sorotan netizen. Dari hasil pertemuan dengan keluarga korban, ia meminta kasus ini diakhiri dengan islah atau damai dari kedua belah pihak yang terlibat.

"Saya ketemu keluarga korban. Kami berharap kasus ini islah. Menurut saya yang harus dikejar adalah perekam dan penyebar videonya," kata Uu, dikutip dari detikJabar.

Ia juga sempat mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan anak-anak terduga pelaku bullying tersebut hanyalah candaan dan hal yang biasa. Ia mengatakan bahwa candaan menyetubuhi hewan juga pernah ia dengar sejak kecil. 

Blurry shadows of three boys friends walking togetherIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexLinch

Pernyataan Uu tersebut viral di media sosial dan memicu amarah netizen. Banyak yang berkomentar bahwa aksi perundungan, dalam bentuk apapun, bukanlah hal yang tergolong 'candaan'. Apalagi dalam kasus ini, anak yang menjadi korban bullying mengalami depresi, sakit keras, dan meninggal dunia.

Seorang netizen di Instagram lantas 'mengadukan' pernyataan Uu kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Melalui kolom komentar di salah satu unggahan Ridwan Kamil, seorang netizen mengatakan, "Bapak Wagubnya dinasehatin juga dong pak, masa iya kasus perundungan anak yang membuat korbannya depresi lalu meninggal dunia dianggap cuma 'candaan' biasa sama beliau. Mengsedih pak."

Ridwan Kamil kemudian menjawab kalau Uu sudah ditegur dan akan memberikan klarifikasi.

"Sudah ditegur kang. Beliau akan klarifikasi. Pendapat saya pun panjang lebar sudah dimuat di media, termasuk harus ada hukuman yang bikin jera. Saya pun korban bully jaman SMP yang traumatik," balasnya pada Senin, (25/7).

Tanggapan Ridwan KamilTanggapan Ridwan Kamil/ Foto: Tangkapan Layar/Instagram

Ridwan Kamil sendiri mengutuk keras atas kejadian bullying yang menimpa anak di Tasikmalaya. Ia menilai bahwa kasus tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

"Saya mengutuk keras kejadian di Tasikmalaya. Ini tanggung jawab dari lingkungan terdekat yaitu sekolah, kepala sekolah, para guru harus bertanggung jawab penuh," kata Ridwan Kamil usai menghadiri gala dinner Youth 20 di Gedung Sate, Kamis (21/7), dikutip dari detikJabar.

Kabar terbaru, polisi telah meningkatkan status kasus perundungan yang menimpa anak di Tasikmalaya hingga meninggal dunia. Kasus itu saat ini sudah masuk penyidikan. Meski sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan, belum ada penetapan tersangka dalam perkara ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE