sign up SIGN UP

Waspada Child Grooming, Tindakan Pelecehan Seksual pada Anak yang Wajib Orangtua Tahu!

Retno Anggraini | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 11:45 WIB
Waspada Child Grooming, Tindakan Pelecehan Seksual pada Anak yang Wajib Orangtua Tahu!
caption

Pelecehan seksual merupakan masalah serius dan korbannya tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga bisa menjadi korban. Hal ini tentunya membuat orangtua harus ekstra waspada terhadap anak-anak. Jika dibiarkan, pelecehan seksual yang terjadi pada siapa pun akan memberikan dampak buruk pada psikologis, mental, dan fisik korbannya.

Salah satu pelecehan seksual yang terjadi pada anak-anak adalah child grooming. Faktanya, ada banyak anak yang mengalami child grooming. Hanya saja mereka tidak berani untuk melaporkannya. Yuk, simak lebih lanjut penjelasan seputar child grooming yang dirangkum dari berbagai sumber!

Apa Itu Child Grooming?

Pengertian child grooming
Pengertian child grooming/Foto: Freepik.com/freepic.diller

Child grooming merupakan pendekatan yang dilakukan oleh pelaku guna membangun hubungan emosional dengan korban serta keluarga dengan tujuan pelecehan seksual. Child grooming juga sering digunakan untuk memikat anak di bawah umur masuk ke dalam bisnis terlarang, seperti perdagangan anak, prostitusi anak, perdagangan seks dunia maya, atau produksi pornografi anak.

Perlu diwaspadai bahwa child grooming bisa terjadi secara langsung maupun online dan biasanya dilakukan oleh orang-orang terdekat. Pelecehan seksual yang terjadi melalui online biasanya korban akan dirayu untuk melakukan aktivitas tidak senonoh melalui video atau foto. Sebagai orangtua, perlu waspada terhadap penggunaan teknologi pada anak.

Cara Pelaku Melakukan Child Grooming

Cara pelaku melakukan aksinya
Cara pelaku melakukan aksinya/Foto: Freepik.com/jcomp

Hal pertama yang dilakukan pelaku child grooming adalah menyeleksi korbannya terlebih dahulu. Tidak hanya dari segi fisik, pelaku juga menyeleksi akses untuk mendekati korban. Anak-anak yang tidak mendapat pengawasan ekstra dari orangtua sangat rentan menjadi korban child grooming.

Setelah menyeleksi, pelaku pun mulai melakukan pendekatan pada anak. Bisa menawarkan jasa menjaga anak saat orangtua sibuk bekerja, mengajak bermain, dan sebagainya. Di kesempatan tersebut, pelaku berusaha untuk mendapat kepercayaan dari korban.

Ketika korban mulai percaya, pelaku pun akan merayu korban dengan mengiming-imingi hal yang disukai korban atau bahkan memberi mereka uang. Setelah korban terpikat, pelaku pun melancarkan aksinya. Sering kali, para pelaku child grooming mengancam korban untuk tidak melaporkan apa yang sudah terjadi pada orangtua mereka.

Ciri-ciri Anak Mengalami Child Grooming

Ciri-ciri korban child grooming
Ciri-ciri korban child grooming/Foto: Freepik.com/user18526052

Ciri-ciri anak mengalami child grooming bisa diketahui sejak dini. Meski belum tentu anak mengalami child grooming, para orangtua bisa langsung waspada dan mencari tahu jika anak mengalami ciri-ciri berikut ini:

  • Mendapatkan hadiah tanpa sepengetahuan orangtua dan anak tidak ingin memberitahukan siapa yang memberikan hadiah.
  • Lebih jarang bermain dengan teman seumurannya.
  • Memiliki hubungan yang sangat dekat dengan orang dewasa selain keluarganya.
  • Memiliki uang tanpa sepengetahuan orangtua.
  • Sering berbohong.
  • Sangat tertutup terhadap penggunaan internet.
  • Sering menyendiri di kamar.

Cara Pencegahan

Cara pencegahan
Cara pencegahan/Foto: Freepik.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah anak mengalami child grooming, seperti:

  • Tidak membiarkan anak hanya berdua saja dengan orang dewasa selain orangtua.
  • Tolak orang asing yang tiba-tiba ingin menawarkan bantuan pada keluarga, seperti mengasuh anak.
  • Selalu pantau orang-orang yang berada di sekitar anak.
  • Sisihkan waktu untuk quality time bersama anak.

Itulah hal-hal yang perlu orangtua waspadai seputar child grooming. Selalu ingat bagi orangtua untuk selalu mengawasi anak di mana pun dan kapan pun.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id