sign up SIGN UP

4 Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Mencatat Setiap Mimpi yang Terjadi, Salah Satunya Atasi Kecemasan!

Febriyani Rahmania | Jumat, 14 Jan 2022 18:30 WIB
4 Alasan Kenapa Sebaiknya Kamu Mencatat Setiap Mimpi yang Terjadi, Salah Satunya Atasi Kecemasan!
Rupanya, mencatat mimpi membawa banyak manfaat bagi kesehatan emosi kita. Simak ulasannya berikut ini. (Foto: pexels.com/Polina Kovaleva)
Jakarta -

Pepatah mengatakan mimpi adalah bunga tidur. Sedangkan, menurut teori Sigmun Freud yang dikutip dari Very Well Mind, mimpi merepresentasikan keinginan, pikiran, dan motivasi yang tak disadari. 

Sementara banyak pernyataan Freud yang dibantah, penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan pikiran yang menghasilkan mimpi. Apa pun itu, pernah kamu berpikir untuk mencatat mimpimu dan menjadikannya jurnal mimpi?

Dikutip dari Thrive Global, membuat jurnal untuk mencatat aktivitas saat bangun tidur adalah hal yang bagus. Sebab, kamu bisa melihat kembali dan diingatkan tentang beberapa peristiwa dalam hidup.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan pola pikiran dan tindakan yang dapat membantu kamu mengatasi masalah dan membuat keputusan yang lebih baik untuk kehidupan selanjutnya. Berikut ini, ada beberapa manfaat untuk kondisi emosional jika kamu membuat jurnal mimpi dihimpun dari Thrive Global.

Membakar Kreativitas

Mindfulness untuk jalani hidup penuh maknaIlustrasi mencatat mimpi. (Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio) 

Ketika kamu mencatat mimpimu, baik di kertas maupun di notes smartphone, itu artinya kamu telah memicu kreativitasmu untuk bekerja. Dalam proses memikirkan setiap mimpi, biasanya akan menimbulkan pertanyaan yang dapat menginspirasi kreativitas.

Kamu bisa belajar untuk lebih berpikiran terbuka dan lebih ingin tahu tentang kehidupan. Hal ini dapat membantu kamu menemukan solusi yang lebih kreatif untuk masalah dan situasi yang kamu hadapi setiap hari.

Belajar Mengatasi Kecemasan

Nggak semua mimpi datang dengan skenario seperti di kehidupan nyata. Sebagian besar mimpi datang dengan skenario yang absurd bahkan cenderung negatif. Hal ini disebabkan oleh amigdala, yaitu bagian otak yang memberi sinyal respons melawan-atau-lari, bekerja keras selama keadaan tidur dengan mata bergerak cepat.

Mindfulness untuk jalani hidup penuh maknaIlustrasi mencatat mimpi. (Foto: pexels,com/Mart Production) 

Pertanyaan-pertanyaan yang timbul atas skenario absurd ketika kamu menulis mimpi juga bisa menguraikan emosi yang rumit. "Mimpi mewakili bagian dari diri kita yang umumnya tidak kita perhatikan seperti saat kita bangun dan bernalar secara verbal," kata Deirdre Barrett, Ph.D., asisten profesor psikologi di Universitas Harvard dan penulis The Committee of Sleep kepada laman Sleep.

Studi tidur kecil dengan 20 peserta menunjukkan bahwa gerakan mata cepat (REM) ketika tidur terkait dengan pemrosesan ingatan emosional. Jadi, ada baiknya segera tuliskan bagaimana perasaan kamu sepanjang mimpi dapat membantu mengatasi emosi.

Membantu Proses Emosi

Mencatat kegiatan harian atau diary bisa membantu kamu dalam memproses emosi, begitu juga ketika kamu membuat jurnal mimpi. Terkadang, mimpi terjadi atas peristiwa yang terjadi di hidup kita. Misal, kamu sedang ketakutan menghadapi presentasi, lalu ketika tidur, kamu memimpikan tentang presentasi yang kamu takutkan itu.

Cobalah dengan menulis surat untuk diri sendiriIlustrasi menulis mimpi. (Foto: pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Dengan membuat jurnal mimpi, kamu akan punya catatan mimpi yang berulang dan tema serta pola di dalamnya. Kemungkinan besar kamu juga akan merasa lebih mudah untuk memahami perasaan-perasaan yang nggak bisa kamu ungkapkan ketika bangun, sehingga kamu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri dan suasana hati kamu.

Lebih Banyak Peluang untuk Lucid Dream

Lucid dream adalah ketika kamu bisa menyadari fakta bahwa kamu sedang bermimpi dan kamu bisa mengontrol mimpimu sendiri. Keren, bukan? Mencatat mimpi yang terjadi bisa membuat pikiran sadar dan bawah sadar kamu sadar bahwa mimpi kamu adalah hal yang penting.

Setelah kamu bisa mengendalikan mimpi melalui lucid dream, konon kamu juga dapat mencoba beberapa teknik proyeksi astral. Tertarik untuk mencobanya?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id