sign up SIGN UP

4 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan untuk Menurunkan Berat Badan dan Cara Mengatasinya

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 23:00 WIB
4 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan untuk Menurunkan Berat Badan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi diet/Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez

Mewujudkan tubuh ideal dan sehat dengan menjalani diet bukanlah perkara mudah tanpa tantangan. Terkadang godaan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan menjadi salah satu penyebab gagalnya program menurunkan berat badan.

Selain itu, sebagian orang yang mengalami kesulitan saat menurunkan berat badan biasanya karena sulit memilih jenis diet yang tepat dan tidak berkomitmen mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Seperti yang diketahui, tidak ada jalan pintas yang membuat seseorang langsung berhasil menurunkan berat badan secara instan.

Kamu penasaran apa saja alasan seseorang merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan dan bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari Very Well Fit, yuk, cari tahu selengkapnya, berikut ini!

Belum Menetapkan Tujuan

Ilustrasi seseorang belum menetapkan tujuan/Foto: Freepik.com/shurkin_son
Ilustrasi seseorang belum menetapkan tujuan/Foto: Freepik.com/shurkin_son

Pentingnya menetapkan tujuan saat kamu memutuskan untuk menjalankan program diet adalah agar kamu tetap konsisten. Memulai dan mempertahankan program diet memang harus dengan kesadaran dari diri sendiri bahwa kesehatan itu penting.

Tidak ada yang bisa menjamin sebuah proses dapat langsung berhasil. Namun dengan memiliki tujuan, kamu nggak akan kehilangan arah. Kamu akan tetap termotivasi dengan tujuan yang ingin dicapai.

Buatlah tujuan harian atau minggu hingga jangka panjang. Contohnya tujuan diet menurunkan berat badan hingga 10 kilogram dalam jangka waktu 6 bulan. Kamu juga bisa menulis rencana menu diet setiap minggu dalam jurnal harian, menjadwalkan olahraga rutin, dan menilai perkembangan prosesnya. 

Masih Terjebak dalam Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Ilustrasi seseorang makan junk food/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi seseorang makan junk food/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Pola hidup yang tidak sehat, seperti rutin mengonsumsi junk food, jarang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta tidak pernah berolahraga bisa menjadi alasan sulitnya menurunkan berat badan. Jika dibiarkan terus-menerus, tubuhmu akan berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ubahlah rutinitasmu untuk lebih sehat dengan mulai membenahi pola makan teratur dan sehat hingga kebiasaan-kebiasaan baru. Pastikan kamu memilih makanan yang mengandung gizi dan kaya nutrisi.

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan, mulailah bergerak dengan rutin melakukan berolahraga, atau rutin jogging setiap dua kali dalam seminggu. Saat kamu duduk bekerja menatap layar komputer, berikan jeda setiap 1 jam sekali selama 10 menit untuk istirahat agar tubuh tidak kaku.

Tidak Ada Support System

Tanpa adanya dukungan dari keluarga, orang terdekat dan sekitar biasanya akan membuat kamu merasa tak bersemangat menjalani diet. Walaupun tujuan diet dari dirimu sendiri, tetapi memiliki support system tentu akan membuatmu lebih bersemangat.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk membentuk atau bergabung dengan teman-teman yang juga sedang menjalani diet, baik secara langsung atau virtual melalui grup berbagai media sosial. Kalian bisa bertukar cerita tentang perjalanan diet, berdiskusi menu diet, dan merekomendasikan beberapa pilihan olahraga yang efektif membakar kalori.

Takut Gagal

Takut gagal/Foto: Pexels.com/monstera
Takut gagal/Foto: Pexels.com/monstera

Kebanyakan orang akan merasa takut gagal setiap kali memulai diet. Mari lihat sisi positifnya, kegagalan yang kamu rasakan bisa memacu semangat untuk tidak menyerah.

Hal yang selalu diingat adalah tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Atasi rasa takutmu dengan lebih percaya diri bahwa setiap proses memiliki ceritanya sendiri.

Ubah mindsetmu untuk berani menghadapi kegagalan. Kamu juga bisa membaca kisah perjalanan diet para public figure yang gagal dan bangkit lagi agar lebih terinspirasi selama menjalankan program diet.

Itulah beberapa alasan yang membuat seseorang kesulitan untuk menurunkan berat badan dan cara mengatasinya. Intinya adalah tetapkan tujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan selalu berkomitmen menjalaninya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id