sign up SIGN UP

Buat Kamu yang Sering Duduk Sepanjang Hari, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 08:00 WIB
Buat Kamu yang Sering Duduk Sepanjang Hari, 5 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!
Kebiasaan kecil yang bantu turunkan berat badan saat duduk sepanjang hari/Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Beauties, bisakah kamu menghitung berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan untuk duduk? Karena pandemi COVID-19, kamu mungkin jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkegiatan di rumah saja, misalnya work from home atau mengikuti kelas daring. Akibatnya, kamu bisa menghabiskan waktu begitu lama untuk duduk di kursi sembari menghadap layar.

Duduk terlalu lama dapat berbahaya bagi kesehatan, mulai dari peredaran darah terhambat, meningkatkan risiko penyakit jantung, hingga menyebabkan kamu kurang gerak. Nah, buat kamu yang sedang menjalankan diet, kurang gerak tentu bisa menghambat upaya menurunkan berat badan. Sebab, salah satu kunci keberhasilan dalam diet adalah olahraga ataupun aktif bergerak agar kalori lebih banyak terbakar.

Namun, jangan khawatir, Beauties. Buat kamu yang memang memiliki aktivitas yang menuntut untuk duduk sepanjang hari, berikut beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan untuk bantu menurunkan berat badan. Dirangkum dari Eat This, Not That!, yuk simak!

Ganti Kursi yang Digunakan

Back view of a woman teleworking sitting on a fitball in front of her deskIlustrasi stability ball/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Jose Martinez Calderon

Jika kamu ingin membakar kalori sambil duduk, cobalah ganti kursi yang biasa kamu gunakan dengan stability ball atau gym ball. Menggunakan stability ball akan membantu kamu memperkuat otot inti tubuh, punggung, kaki, sekaligus membakar lebih banyak kalori di saat yang bersamaan.

Menurut Jill Koegel, RD, ahli diet bersertifikat olahraga, mengganti kursi kamu dengan gym ball dapat membakar sekitar 100 kalori ekstra dalam sehari. Cara ini juga akan membantumu untuk tetap aktif bergerak sambil mengerjakan aktivitas yang lain. Menarik, bukan?

Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan di sela bekerja dapat mengurangi kekakuan pada otot.Melakukan Peregangan Kecil/Foto: freepik.com

Ketika kamu duduk menghadap laptop dan bekerja atau belajar, kamu mungkin bisa sangat fokus sehingga lupa untuk bergerak, hanya duduk diam selama berjam-jam tanpa henti. Nah, kebiasaan buruk ini harus dihindari ya, Beauties.

Walaupun kamu duduk sepanjang hari, bukan berarti kamu harus diam, Beauties. Kamu bisa melakukan peregangan ringan di sela-sela aktivitas untuk mengendurkan otot sambil membakar kalori. Cobalah untuk menyilangkan lengan di seluruh tubuh dan menariknya lebih dekat dengan lengan yang lain secara bergantian. Raih ke arah langit dan condongkan tubuh ke kedua sisi.

Kamu juga bisa mengencangkan otot kaki sambil duduk, misalnya dengan menekan bola di antara paha, lutut, atau betis.

Konsumsi Camilan yang Sehat

Close up of of smiling woman hands having a healthy breakfast at home with fruit and yogurt. Cheerful girl tasting yoghurt with blueberries and raspberries. Joyful woman enjoy fresh yogurt for lunch, wellbeing and diet concept.Ilustrasi greek yogurt/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ridofranz

Tahukah kamu kalau duduk terlalu lama bisa meningkatkan rasa lapar? Hal inilah yang bisa membuatmu makan berlebih, misalnya dengan mengonsumsi camilan setelah makan. Sebenarnya, ngemil saat diet sah-sah saja, lho. Asalkan camilan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan tidak termasuk makanan yang berpotensi menambah berat badan.

Pilihlah jenis camilan yang membantu kamu merasa kenyang, seperti kacang, greek yogurt, atau buah-buahan seperti apel, pisang, dan buah berry.

Duduk Tegak

duduk tegak / foto : freepikIlustrasi duduk tegak/Foto: Freepik

Tahukah kamu kalau posisi tubuh saat duduk dapat mempengaruhi pikiran? Menurut psikolog Amy Cuddy, jika kamu duduk dalam posisi tegak, ini dapat membantu meningkatkan suasana hati, sehingga dapat menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dilepaskan saat stres serta dapat menghambat proses menurunkan berat badan.

Selain itu, duduk tegak dengan bahu ke belakang dibandingkan dengan membungkuk di meja membutuhkan lebih banyak otot sehingga dapat membakar lebih banyak kalori.

Rutin Minum Air Putih

young attractive asian woman who drinks water in a kitchenIlustrasi minum air putih/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Sudah bukan rahasia lagi kalau rutin minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa minum lebih dari 2 gelas air benar-benar meningkatkan tingkat metabolisme peserta sebesar 30 persen hanya dalam 30 menit.

Selain itu, sebuah studi di Obesity menemukan bahwa orang yang minum 2 gelas air sebelum makan mengonsumsi hingga 90 kalori lebih sedikit selama makan daripada yang seharusnya. Nah, pastikan kamu selalu menyiapkan air di gelas atau botol minum di meja kerja ya, Beauties!

Itulah beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan meski duduk sepanjang hari. Namun harus diingat, kamu juga harus meluangkan waktu untuk olahraga dan aktif bergerak, karena selain bisa membantu menurunkan berat badan, juga baik untuk kesehatan. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id