sign up SIGN UP

Perbedaan Makanan Bihun dan Sohun yang Kadang Sulit Dikenali Orang, Mana yang Lebih Rendah Kalori?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 06:45 WIB
Perbedaan Makanan Bihun dan Sohun yang Kadang Sulit Dikenali Orang, Mana yang Lebih Rendah Kalori?
caption

Bihun dan sohun adalah dua jenis makanan yang sering sulit dibedakan oleh orang-orang. Keduanya memang memiliki tampilan yang hampir mirip, yakni sama-sama berwarna putih dan berbentuk tipis panjang menyerupai mie.

Tapi jangan salah, keduanya terbuat dari bahan baku yang berbeda, loh. Lalu, apalagi, ya, perbedaan dan manfaat bihun dan sohun?

Mengutip CNN Indonesia, mie, termasuk bihun dan sohun, pertama kali diperkenalkan oleh diaspora Tionghoa pada akhir abad ke-19. Hingga akhirnya, orang-orang lokal pun mengadaptasi makanan mie untuk konsumsi sehari-hari.

Sohun dan bihun, keduanya mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan serat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan sebagai pengganti nasi, menurunkan gula darah, mencegah kenaikan tekanan darah, dan memperbaiki pencernaan.

Bihun

perbedaan bihun dan sohun
Ciri-ciri bihun berwarna putih kusam dan mudah patah/Foto: Freepik.com/freepik

Bihun juga dikenal dengan nama vermicelli atau rice noodles. Mie putih khas Asia ini berasal dari tepung beras, tapi ada juga yang dibuat dari tepung jagung. Bihun kering memiliki ciri-ciri berwarna putih kusam dengan tekstur yang mudah patah dan lebih tipis.

Bihun kering perlu direbus atau direndam di dalam air hangat selama 5 menit sebelum diolah jadi makanan lain. Usai dimasak, bihun terasa kenyal tapi mudah dikunyah dan mudah meresap bumbu.

Mengutip laman Livestrong, per 1 cup (176 gram) bihun matang mengandung 109 kalori, 42,3 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 3,2 gram protein, dan 33,4 mg sodium.

Bagi orang yang sedang diet atau penderita diabetes, bihun cocok jadi makanan pengganti nasi karena bihun ialah sumber karbohidrat yang rendah lemak dan rendak indeks glikemik (IG). Dikutip dari sumber yang sama, bihun kering rebus memiliki kadar IG 61, menurut International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009).

Bihun dapat diolah menjadi berbagai sajian makanan, misalnya bakso, ketoprak, bihun goreng kecap dengan tambahan sayuran dan protein, serta sebagai isian pastel dan risol.

Sohun

perbedaan bihun dan sohun
Sohun tampak transparan dan licin/Foto: iStock.com

Sohun atau mung bean noodles terbuat dari sari pati kacang hijau. Namun, sekarang kamu juga bisa menemukan sohun yang terbuat dari pati kentang, ubi, atau pun singkong.

Sohun kering mentah teksturnya liat dan keras serta berwarna transparan, sehingga orang luar negeri juga sering menyebutnya glass noodle. Sedangkan, setelah dimasak teksturnya berubah menjadi lebih licin, kenyal, dan lentur, sementara warnanya jadi lebih putih.

Sebelum disajikan, sohun mesti direndam dulu dalam air panas selama 5-15 menit sampai melunak, atau direbus sebentar sekitar 1-2 menit. Sohun bisa kita temukan sebagai pelengkap makanan berkuah berupa bakso, soto, sup atau sebagai isian lumpia.

Dikutip dari Livestrong, nilai gizi dalam 1 cup (190 gram) sohun matang mengandung 199 kalori, 48,8 gram karbohidrat, hampir 0 gram lemak, 0,16 gram protein, dan 5,7 mg sodium.

Dalam laman yang sama, studi oleh National Pingtung University of Science and Technology di Taiwan menemukan bahwa sohun memiliki IG yang paling rendah daripada makanan tinggi karbohidrat lainnya, seperti nasi merah, talas, ubi, dan roti.

perbedaan bihun dan sohun
Cara memasak bihun dan sohun bisa mempengaruhi kalorinya/Foto: Freepik.com/topntp26

Nah, dari perbandingan di atas, dapat dilihat bahwa kandungan nutrisi bihun dengan sohun tak jauh berbeda. Keduanya pun bisa menjadi alternatif sumber karbo yang rendah kalori.

Hanya saja, yang perlu lebih diperhatikan sebenarnya adalah cara memasaknya. Jika bihun atau sohun diolah dengan cara digoreng dengan minyak dan ditambahkan daging, tentu kalori makanannya ikut bertambah.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id