STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Ide Camilan Sehat dan Lezat untuk Menurunkan Kolesterol

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Minggu, 09 Oct 2022 17:30 WIB
4 Ide Camilan Sehat dan Lezat untuk Menurunkan Kolesterol

Mencari camilan yang enak namun tetap sehat mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, penderita kolesterol tinggi perlu lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar tetap seimbang dan tidak berpotensi memperparah kondisi yang dimiliki. 

Beberapa jenis camilan memang sebaiknya dihindari. Namun bukan berarti kamu pantang ngemil sama sekali ya, Beauties. Ada juga kok sederet camilan sehat yang ternyata justru dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mengutip dari Eat This, Not That!, ini dia 4 ide camilan yang bisa dijadikan pilihan!

1. Avocado Toast

avocado toast camilan sehat untuk kolesterol
Camilan sehat untuk menurunkan kolesterol/Foto: Freepik/Freepik

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Menggabungkan buah lezat ini dengan roti gandum utuh sebagai camilan bisa membantu mengganjal rasa lapar sekaligus menurunkan kolesterol. 

Selain kebaikan alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, kandungan biji-bijian dari roti gandum juga kaya akan serat yang dapat berfungsi untuk mengikat kolesterol di dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh.  

2. Oatmeal & Olive Oil

oatmeal untuk menurunkan kolesterol
Camilan sehat untuk menurunkan kolesterol/Foto: Freepik/Freepik

Mengombinasikan oatmeal dengan olive oil mungkin terdengar aneh ya, Beauties. Namun camilan ini ternyata memiliki rasa yang tak terduga, lho. 

Camilan ini juga dinilai baik untuk membantu menurunkan kolesterol karena oatmeal memiliki kandungan serat seperti roti gandum, yang membuatnya bisa mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Sedangkan olive oil juga dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Nah, untuk membuat rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis atau madu pada camilan ini. 

3. Smoothie

camilan sehat
Camilan sehat untuk menurunkan kolesterol/Foto: Freepik/Boyarkinamarina

Smoothie sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan kulit. Bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi, salah satu pilihan smoothie terbaik yang bisa kamu coba adalah smoothie bayam, karena jenis sayuran ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Kamu juga bisa menambahkan biji chia seeds atau flaxseeds ke dalam smoothie karena keduanya mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Carrot Dip

camilan penurun kolesterol
Camilan sehat untuk menurunkan kolesterol/Foto: Freepik/Dalaifood

Ide camilan sehat selanjutnya adalah carrot dip. Camilan praktis yang satu ini cukup banyak digemari oleh banyak orang karena mudah disajikan dan menyehatkan.

Wortel yang telah dipotong-potong memanjang disajikan bersama hummus sebagai saus cocol atau dip. Selain menambah cita rasa, hummus yang terbuat dari kacang-kacangan juga mengandung serat sehingga baik untuk menurunkan kolesterol.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE