sign up SIGN UP

Mau Punya Kulit Sehat Glowing? 6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Sering Dikonsumsi!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 18:45 WIB
Mau Punya Kulit Sehat Glowing? 6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Sering Dikonsumsi!
Makanan yang Sebaiknya Dihindari Agar Kulit Sehat dan Glowing/Foto: Freepik/lookstudio

Kulit adalah cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai organ tubuh terluas, apa yang kamu makan tentu akan berpengaruh terhadap penampilan kulit.

Produk perawatan kulit memang bisa membuat kulit terlihat sehat dan glowing. Tetapi, efek yang paling efektif untuk jangka panjang adalah dari makanan bergizi.

Banyak faktor yang berkontribusi pada munculnya masalah kulit. Namun, dirangkum dari beberapa sumber dan ahli, ada daftar jenis makanan yang tidak bagus jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan bersih.

1. Makanan/Minuman Tinggi Gula

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Makanan dan minuman tinggi gula/Foto: Unsplash.com/tripleMdesignz

Mengonsumsi makanan dan minuman manis sesekali, seperti donat, kue kering, atau minuman boba memang nggak masalah. Tapi, menurut dokter kulit Dr. Hadley King, konsumsi gula berlebih dapat mempercepat penuaan kulit.

Dilansir dari Eat This, Not That!, kelebihan molekul gula dalam tubuh dapat mengikat kolagen dan elastin, yang menyebabkan mereka kehilangan kekuatan dan kelenturannya. Ini pada akhirnya akan berkontribusi pada hilangnya elastisitas dan kekencangan kulit.

Selain makanan manis, makanan tinggi kadar glikemik, seperti nasi putih, roti tawar putih, sereal, pasta/mie, dan kentang pun bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit, akibat efek peradangan yang ditimbulkan.

Dikutip dari WebMD, penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa mereka yang menjaga diet rendah glikemik memiliki setengah jumlah jerawat, dibandingkan mereka yang makan tinggi glikemik.

2. Daging Olahan

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Daging olahan/Foto: Freepik.com/alely_od

Keseringan makan daging berlemak memang menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh, termasuk memicu keparahan jerawat. Namun, daging olahan juga tidak lebih baik dari daging berlemak.

Daging yang diproses secara panjang, termasuk sosis, kornet, daging asap, nugget, dan abon, diawetkan dengan menambahkan garam, nitrat, dan lain-lain. Menurut Dr. Howard Sobel, dokter kulit dan ahli bedah kosmetik dermatologi, selain tinggi lemak, makanan ini juga tinggi sodium yang bisa membuat kulit dehidrasi dan melemahkan produksi kolagen.

3. Gorengan

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Gorengan/Foto: Unsplash/Joshua Hoehne

Walaupun enak, tapi sajian yang digoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang bisa berdampak pada masalah kesehatan. Makanan yang digoreng juga memicu produksi minyak berlebih dan peradangan di dalam kulit.

4. Camilan Asin

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Camilan asin/Foto: Freepik.com/topntp26

Keripik, saus tinggi sodium, dan makanan asin lainnya bisa dengan cepat mendongkrak asupan garam harian. Padahal, asupan garam dalam jumlah besar membawa dampak retensi air atau kelebihan cairan pada tubuh, yang mana salah satunya membuat kantung mata bengkak.

5. Makanan Cepat Saji

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Makanan cepat saji/Foto: Freepik/freepik

Ayam goreng krispi, pizza dengan limpahan keju, kentang goreng, atau makanan cepat saji lainnya mungkin telah menjadi comfort food bagi banyak orang.

Masalahnya, junkfood yang tinggi lemak jenuh dan asam lemak juga bisa memicu kulit berminyak yang berpotensi menyumbat pori-pori, hingga jerawat dan komedo. Ini seperti yang dikutip via Insider.

6. Minuman Beralkohol

makanan yang sebaiknya dihindari untuk kulit sehat
Minuman beralkohol/Foto: Unsplash/Apolo Photographer

Mengutip detikFood, minuman mengandung alkohol bertindak sebagai diuretik yang dapat menyedot cairan tubuh dengan cepat, yang dapat mengarah pada dehidrasi tubuh.

Padahal, dehidrasi ialah ‘musuh’ terbesar kulit, karena dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering, mempercepat proses penuaan, dan perubahan tekstur kulit.

Jadi Beauties, kalau mau punya kulit glowing, mulai kurangi deretan makanan dan minuman di atas ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id