STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Tips Menjaga Kesehatan Jantung untuk Generasi Milenial, Harus Dimulai dari Sekarang!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 30 Nov 2022 12:00 WIB
4 Tips Menjaga Kesehatan Jantung untuk Generasi Milenial, Harus Dimulai dari Sekarang!

Di usia yang masih produktif, umumnya generasi milenial tidak menganggap kesehatan jantung sebagai prioritas. Namun hal ini jelas keliru!

Melissa Schenkman, MPH, MSJ, dalam lama Y My Health, menjabarkan bahwa gejala kolesterol bisa muncul bahkan sejak usia remaja, dan bisa terus memburuk seiring usia. Karenanya, kamu harus mulai memperhatikan kesehatan jantung sejak usia 20an. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu!

1. Konsumsi Makanan Plant-Based

Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Pixabay.com/Fuzzy Rescue
Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Pixabay.com/Fuzzy Rescue

Nicole Harkin, MD, pendiri Whole Heart Cardiology menuliskan dalam Y My Health bahwa hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung, generasi muda sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan (plant-based), antara lain:

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Gandum utuh
  • kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Makanan lain olahan berbasis tumbuhan

Daging dan produk hewani diklaim sebagai penyebab utama meningkatnya kolesterol dan masalah pada jantung. Karenanya, kamu harus mengimbanginya dengan makanan berbasis tumbuhan untuk membantu menurunkan kolesterol dan membantu menjaga kinerja jantung.

Apakah Diet Plant-Based Bisa Menyebabkan Kekurangan Gizi?

Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Brooke Lark
Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Brooke Lark

Sebagian besar orang mungkin bertanya, "Apakah konsumsi sayur tanpa daging bisa membuat seseorang kekurangan nutrisi?" Terkait hal ini, Nicole Harkin mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin dan mineral sebenarnya bukan dikarenakan oleh tidak adanya asupan hewani, melainkan karena komposisi yang salah.

Bahkan orang yang mengkonsumsi daging juga bisa mengalami kekurangan B12 jika gizi dalam makanannya tidak seimbang. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyantap berbagai hidangan dengan nilai gizi yang seimbang atau mengkonsumsi suplemen sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi, ya!

2. Olahraga yang Mendukung Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Alex Shaw
Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Alex Shaw

Selain asupan makanan, olahraga adalah hal penting untuk menjaga jantung tetap aktif. Nicole Harkin juga mengungkapkan bahwa olahraga dengan intensitas sedang (sekitar 50 menit per minggu) akan memberikan efek luar biasa untuk kesehatan jantung. Kamu bisa melakukan beragam olahraga ringan dan menyenangkan, misalnya hiking, berenang, naik turun tangga, atau cukup dengan jalan kaki.

Meski demikian, untuk hasil yang lebih baik, Nicole Harkin juga menyarankan olahraga lain yang sedikit lebih berat, misalnya angkat beban atau pilates untuk membantu menjaga komposisi tubuh dan menjaga kadar gula darah.

3. Gaya Hidup yang Harus Dijauhi

Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Cristian Guerrero
Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Cristian Guerrero

Walaupun tidak terlihat secara instan, cara di atas akan memberikan dampak signifikan untuk kesehatan jantung. Meski demikian, perlu diketahui bahwa metode di atas mungkin takkan memberikan hasil maksimal jika kamu masih menerapkan hal-hal yang bisa merusak kesehatan, antara lain:

  • Perokok, baik aktif maupun pasif
  • Minum alkohol
  • Pola tidur tidak teratur
  • Makan dengan jumlah berlebihan
  • Jarang menggerakkan tubuh dan berada pada posisi yang sama dalam waktu lama

Selain menjauhi gaya hidup tidak sehat, disarankan kamu rajin memeriksakan kadar kolesterol dan tekanan darah secara teratur. Medical checkup secara rutin akan membantu mengidentifikasi adanya masalah tubuh sejak dini.

4. Manajemen Stres

Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Omid Armin
Tips Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Omid Armin

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah terkait manajemen stres. Generasi milenial umumnya mengalami tekanan mental yang berat terkait beban kerja terlalu tinggi, kurangnya istirahat, dan pola istirahat yang tidak teratur. Perubahan iklim juga bisa berimbas buruk pada kesehatan mental sehingga bisa berdampak pada tubuh secara keseluruhan, termasuk memicu masalah jantung.

Salah satu cara menghindari stres adalah menerapkan pola hidup seperti yang dijelaskan di atas. Bahkan ketika kamu merasa beban kerja terlalu tinggi, cobalah mencari cara menenangkan diri. Me time, melakukan hobi, atau liburan singkat bisa menjadi alternatif untuk menjaga mentalmu baik-baik saja. Dengan demikian, kesehatan tubuh juga tetap terjaga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE