sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Makan Saat Sarapan Ini Ampuh Redakan Peradangan pada Tubuh, Wajib Coba di Rumah!

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 07:30 WIB
5 Kebiasaan Makan Saat Sarapan Ini Ampuh Redakan Peradangan pada Tubuh, Wajib Coba di Rumah!
caption

Meski merupakan salah satu respon alami tubuh, peradang tak berarti bisa disepelekan. Peradangan kronis kini menjadi ancaman serius bagi kesehatan.

Penelitian telah mengaitkan peradangan kronis bisa mengakibatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Tak hanya itu, April Kelly, pendiri OC Nutrition Coaching juga berkata bahwa peradangan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti kelelahan, nyeri kronis, hingga masalah suasana hati.

Kondisi ini lah yang menjadi masalah besar untuk kesehatan kita baik secara mental ataupun fisik. Kabar baiknya, peradangan dapat dicegah dengan mengatur gaya hidup salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat. Sarapan menjadi salah satu waktu makan yang sangat perlu diperhatikan.

Tips Meredakan Peradangan, Lakukan 5 Hal Ini Setiap Sarapan

Beauties, dengan mengatur pola makan sehat, kita dapat meminimalisir risiko peradangan pada tubuh. Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan pada waktu sarapan guna meredakan peradangan tubuh. Simak yuk!

1. Jangan Absen Mengonsumsi Buah dan Sayuran Kaya akan Antioksidan

Terbukti mampu mengurangi resiko peradangan, buah kaya antioksidan jadi menu wajib sarapan sehat/Foto: pexels.com/Trang Doan
(Terbukti mampu mengurangi resiko peradangan, buah kaya antioksidan jadi menu wajib sarapan sehat/Foto: pexels.com/Trang Doan)

Antioksidan berfungsi membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dan sayuran kaya antioksidan menjadi hal yang penting.

Contohnya seperti rutin mengonsumsi sayuran berdaun gelap, brokoli, paprika, jeruk, tomat, labu, alpukat, dan wortel. Menambahkan sayuran dan buah antioksidan ke dalam bahan-bahan menu sarapan sekaligus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebelum memulai hari.

2. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Lemak Sehat

Hindari lemak trans dan gorengan, penuhi kebutuhan lemak tubuh dengan mengkonsumsi Omega 3/Foto: pexels.com/Pixabay
(Hindari lemak trans dan gorengan, penuhi kebutuhan lemak tubuh dengan mengkonsumsi Omega 3/Foto: pexels.com/Pixabay)

Lemak gorengan memang menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya peradangan kronis. Namun, bukan berarti kita boleh sama sekali tidak mengonsumsi asupan lemak. Perlu dicatat bahwa masih ada lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Salah satu jenis lemak sehat adalah Omega 3. Danielle Levy-Wolins, seorang pakar kesehatan menyarankan untuk memakan makanan yang kaya akan Omega 3 saat sarapan. Seperti ragam ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Menambahkan Bumbu Rempah pada Menu Sarapan

Selain penyedap rasa, rempah-rempahan juga terbukti kaya antioksidan dan ampuh cegah peradangan kronis/Foto: pexels.com/Mareefe
(Selain penyedap rasa, rempah-rempahan juga terbukti kaya antioksidan dan ampuh cegah peradangan kronis/Foto: pexels.com/Mareefe)

Menu sarapan sehat tak selamanya harus tawar atau hambar. Faktanya, sarapan dengan makanan berbumbu rempah justru dapat meredakan peradangan.

Rempah-rempah tidak hanya dapat memperkuat rasa, tetapi juga meningkatkan kandungan antioksidan. Dengan membumbui makanan sarapan dengan aneka macam rempah seperti jahe, kunyit lengkuas hingga cabai, kita dapat mengurangi garam, mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh, sekaligus mendapat sarapan yang lezat.

4. Tambahkan Makanan Fermentasi pada Menu Sarapan

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, makanan fermentasi juga baik cegah peradangan pada tubuh/Foto: pexels.com/Makafood
(Selain baik untuk kesehatan pencernaan, makanan fermentasi juga baik cegah peradangan pada tubuh/Foto: pexels.com/Makafood)

Selain efektif untuk diet, nyatanya makanan fermentasi juga baik untuk meredakan peradangan. Sebuah studi di Nutrients menemukan bahwa makanan fermentasi seperti kubis pada kimchi terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

Amanda Sauceda, seorang pakar gizi juga mengungkapkan bahwa makanan fermentasi dapat mencegah peradangan. Untuk sarapan, kita bisa menambahkan makanan fermentasi seperti tempe, yogurt atau kefir.

5. Memulai Hari dengan Segelas Teh

Konsumsi teh di pagi hari baik untuk meredakan peradangan sekaligus meningkatkan semangat/Foto: pexels.com/Mareefe
(Konsumsi teh di pagi hari baik untuk meredakan peradangan sekaligus meningkatkan semangat/Foto: pexels.com/Mareefe)

Tips meredakan peradangan yang terakhir adalah dengan rutin meminum teh. Perlu dicatat, secangkir teh yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dapat ampuh menurunkan risiko peradangan kronis.

Alih-alih kopi, mulailah memperbanyak minum teh. Memulai hari dengan meminum teh yang tinggi antioksidan seperti teh hijau, teh jahe, teh adas, teh roseship dan lain sebagainya tak hanya dapat meredakan peradangan, namun juga dapat sekaligus menaikkan mood di pagi hari.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan saat sarapan yang harus mulai dilakukan untuk menghindari resiko peradangan kronis pada tubuh. Kebiasaan sarapanmu salah satunya bukan?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id