sign up SIGN UP

Jadi Penyakit Pasca Lebaran, Ini Cara Menurunkan Kolestrol dengan Rutin Minum Teh Hijau

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 06:15 WIB
Jadi Penyakit Pasca Lebaran, Ini Cara Menurunkan Kolestrol dengan Rutin Minum Teh Hijau
caption

Saat lebaran, banyak deretan makanan menggugah selera di depan kita ya, Beauties. Sayangnya deretan makanan tersebut terlalu banyak santan, berminyak, dan berlemak. Penyakit seperti kolesterol pun sangat mudah menyerang pasca lebaran. 

Mengatasi hal ini, kamu dapat dengan mudah mengatasinya dengan secangkir teh. Seperti yang kita tahu, minum secangkir teh banyak sekali manfaatnya, mulai dari membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Namun tak hanya itu saja ternyata, ada beragam jenis salah satunya adalah teh hijau yang mengalami proses pengolahan lebih sedikit, yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh kita lho!

Dilansir dari detikFood, ini dia cara menurunkan kolesterol dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Simak yuk, Beauties!

1. Teh Hijau Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Teh Hijau Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh
Teh Hijau Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara menurunkan kolesterol secara alami dapat dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan dari teh.

Salah satunya membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat. Bahkan membantu proses penyembuhan penyakit, seperti pendarahan hingga masalah pencernaan.

2. Minum Teh Hijau Secara Konsisten

Minum Teh Hijau Secara Konsisten
Minum Teh Hijau Secara Konsisten/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Minum teh hijau dapat menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2003 silam meneliti efek penurunan kolesterol dari 375 mg ekstrak katekin pada 240 pria dan perempuan dengan kolesterol tinggi pada diet rendah lemak. 

Hasilnya, pare peneliti menemukan fakta bahwa ekstrak katekin yang diperoleh dari teh hijau mampu menurunkan kolesterol 11,3 persen, kolesterol LDL 16,4 persen, trigliserida 3,5 persen, meningkatkan HDL 2,3 persen dan ekstrak katekin diperoleh dari teh hijau.

Sehingga, terbukti teh hijau bisa menurunkan kolesterol jika diminum rutin.

3. Kandungan Teh Hijau Baik untuk Kolesterol

Kandungan Antioksidan yang Dikandung Teh Hijau Baik untuk Kolesterol
Kandungan Antioksidan yang Dikandung Teh Hijau Baik untuk Kolesterol/Foto: Freepik.com/Jcomp

Dilansir dari detikHealth, teh hijau dikatakan sebagai ramuan yang mampu menurunkan kolesterol. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya baik untuk kolesterol.

Antioksidan ini termasuk dalam jenis katekin yang dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya. Teh hijau diklaim dapat mengurangi risiko kardiovaskular atau jantung, membantu penurunan berat badan, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko diabetes.

Nah Beauties, itu dia cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat dengan mengonsumsi teh hijau. Namun, kamu perlu rutin minum teh hijau agar hasilnya maksimal dan dapat terdeteksi perubahannya. Ternyata teh hijau memiliki banyak manfaat yang jarang kita diketahui ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id