sign up SIGN UP

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari untuk Kesehatan, Kamu Sudah Tahu?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 06:45 WIB
5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari untuk Kesehatan, Kamu Sudah Tahu?
Manfaat Konsumsi Kopi di Pagi Hari Bagi Kesehatan/Foto: Freepik.com/Senivpetro

Kopi menjadi minuman favorit bagi banyak orang. Umumnya, banyak orang yang mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum memulai beragam aktivitasnya. 

Ternyata, tak sekadar jadi minuman biasa saja, minum kopi di pagi hari pun punya manfaat untuk kesehatan. Tapi ingat, harus dalam batas wajar untuk mengonsumsinya ya! 

Nah, dilansir dari detikFood, ini dia deretan manfaat minum kopi di pagi hari terutama bagi kesehatan. Yuk simak!

1. Menambah Energi Harian

Menambah Energi Harian
Menambah Energi Harian/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Beberapa penelitian mengonfirmasi apa yang kebanyakan orang pikirkan bahwa minum kopi sebenarnya meningkatkan kewaspadaan. Hal ini karena kopi meningkatkan kafein yang memberi energi pada tubuh.

Seperti dikutip dari detikFood, jika minum kopi saat sarapan, kandungan kafeinnya memang membuat tubuh kita berenergi. Menurut health.qld.gov.au, efek kafein pada kopi bisa langsung dirasakan 5-30 menit setelah diminum. Efeknya, bisa berlangsung selama 12 jam.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak/Foto: Freepik.com/Livestylememory

Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang berhubungan dengan peningkatan fungsi otak. Studi menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu melindungi otak dari penurunan fungsi terkait usia.

Selain itu, beberapa penelitian lainnya pun mengatakan bahwa kafein membantu meningkatkan perhatian dan fokus. Lalu, kopi juga disebut dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif.

3. Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan

Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan
Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Manfaat konsumsi kopi berikutnya yaitu dapat meningkatkan stabilitas dan keseimbangan. Tetapi stabilitas di sini, ada hubungannya dengan kesehatan mental.

Kafein dalam kopi dikenal dapat membantu menenangkan seseorang ketika sedang merasa cemas atau stres. Minum secangkir kopi di pagi hari juga dapat membantu kamu tetap fokus dan semangat pada tugas yang ada.

4. Memudahkan Penurunan Berat Badan

Memudahkan Penurunan Berat Badan
Memudahkan Penurunan Berat Badan/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Studi yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kafein saat diet memiliki lebih banyak energi dan tidak merasa lapar.

Australian Institute of Medicine juga menemukan bahwa kopi dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Namun, kafein dapat memiliki efek negatif jika dikonsumsi dalam situasi yang tidak tepat.

5. Dapat Melindungi Jantung

Ciri-ciri penyakit jantung pada kulit dan kuku yang harus diwaspadai/Foto: Unsplash.com/Giulia BertelliJantung/Foto: Unsplash.com/Giulia Bertelli

Minum kopi di pagi hari sering dikaitkan dengan kemampuannya melindungi jantung dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh situs NIH.gov, menemukan bahwa peminum kopi memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kafein. Tinjauan studi klinis juga menemukan bahwa kopi dapat mencegah penyakit arteri koroner yang membantu melindungi jantung dari kerusakan.

Nah Beauties, itu dia deretan manfaat minum kopi terutama bagi kesehatan kamu. Namun, kembali diingatkan, jangan terlalu sering dan berlebihan ya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik termasuk minum kopi. Semoga bermanfaat!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id