sign up SIGN UP

Membiarkan Stres Telalu Lama Bisa Berpengaruh pada Kesehatan Fisik, Ini Deretan Keluhannya!

Galih Konain Tata | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 13:00 WIB
Membiarkan Stres Telalu Lama Bisa Berpengaruh pada Kesehatan Fisik, Ini Deretan Keluhannya!
caption

Setiap orang pasti pernah merasakan stres, apalagi jika masalah datang bersamaan dalam satu waktu. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengelola stres dengan baik.

Namun, nggak jarang beberapa dari kita justru membiarkannya terlalu lama. Padahal hal itu justru berpengaruh kepada kesehatan fisik.

Berdasarkan studi, mengurangi tingkat stres nggak hanya bisa membuat Beauties merasa lebih baik, tetapi juga dapat melindungi kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Dalam sebuah penelitian yang dilansir dari laman American Psychological Association, para peneliti meneliti hubungan antara "pengaruh positif" perasaan seperti kebahagiaan, kegembiraan, kepuasan, antusiasme, dan perkembangan penyakit jantung koroner selama satu dekade.

Gejala Stres/ Foto: Pexels.com/ Andrea Piacquadio
Gejala Stres/ Foto: Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Mereka menemukan bahwa untuk setiap peningkatan satu poin dalam pengaruh positif pada skala lima poin, tingkat penyakit jantung turun 22 persen.

Meskipun penelitian ini tidak membuktikan bahwa peningkatan afek positif menurunkan risiko kardiovaskular, para peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan afek positif seseorang dengan meluangkan sedikit waktu untuk aktivitas yang menyenangkan setiap hari.

Menurunnya Kesehatan Akibat Stres

Makanan Penghilang Stres/ Foto: unsplash/ eisaventurStres/ Foto: unsplash/ eisaventur

Ketika stres mulai mengganggu kemampuan Beauties untuk menjalani aktivitas sehari-hari dalam jangka waktu yang lama, hal itu menjadi lebih berbahaya. Semakin lama stres berlangsung, semakin buruk juga bagi pikiran dan tubuh.

Beauties mungkin akan merasakan lelah yang intens, tidak dapat berkonsentrasi, atau mudah tersinggung tanpa alasan yang jelas. Stres kronis juga menyebabkan rasa exhausted pada tubuh kamu.

Melansir laman Healthline, beberapa masalah kesehatan yang mungkin terganggu akibat membiarkan stres terlalu lama, termasuk:

  • Sakit kepala
  • Menurunnya sistem imun
  • Gula darah tinggi
  • Masalah pencernaan
  • Otot tegang
  • Maag dan atau gerd
  • Jantung berdebar
  • Masalah kesuburan
  • Haid tidak teratur
Layanan konseling/ Foto: Pexels.com/ Mart Production
Layanan konseling/ Foto: Pexels.com/ Mart Production

Agar tidak membiarkan stres terlalu lama, Beauties bisa melakukan langkah sederhana, yakni mulai mengidentifikasi apa yang menyebabkan kamu stres. Perhatikan keadaan pikiran kamu sepanjang hari.

Jika Beauties merasa stres, kamu bisa menuliskan apa penyebabnya dan bagaimana hal tersebut memengaruhi pikiran dan suasana hati.

Setelah Beauties mengetahui trigger tersebut, mulailah mencari apa langkah yang tepat untuk mengatasinya. Jika kamu merasa butuh bantuan, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari orang terdekat atau profesional.

Mereka dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi situasi atau perilaku yang berkontribusi pada stres kronis kamu, lalu mengembangkan rencana tindakan untuk memperbaikinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id