sign up SIGN UP

Benarkah Makan di Depan Cermin Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 08:00 WIB
Benarkah Makan di Depan Cermin Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasan Ahli!
Benarkah makan di depan cermin bantu turunkan berat badan?/Foto: Getty Images/iStockphoto/iprogressman

Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah. Diperlukannya usaha yang konsisten dan waktu untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Beragam program diet hingga latihan fisik seperti olahraga mungkin sudah pernah kamu coba. Namun, seperti yang Beauties ketahui, dua cara tersebut tentunya ada yang cocok dan tidak cocok dengan kondisi tubuh.

Lalu, apakah ada cara lain untuk bisa menurunkan berat badan? Tentu ada, Beauties! Menurut sebuah penelitian, salah satu cara yang bisa membantu dalam menurunkan berat badan adalah dengan makan di depan cermin. Benarkah? Yuk, cari tahu jawabannya!

Benarkah Makan di Depan Cermin Bisa Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi foto
Ilustrasi foto/Foto: Freepik/User18526052

Melansir dari Tech Times, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Central Florida mengungkapkan bahwa makan di depan cermin membuat perasaan tidak nyaman hingga membuat makanan tampak kurang menggugah selera. Jika cara ini rutin dilakukan maka dapat membantu orang untuk makan dengan porsi lebih sedikit sehingga bisa menurunkan berat badan.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 185 mahasiswa yang ada di University of Central Florida. Seorang asisten profesor pemasaran, peneliti Ata Jami menyajikan brownies kepada dua kelompok subjek. Setelah itu, ia meminta untuk menggambarkan perasaan mereka saat memakannya.

Hasilnya adalah muncul perasaan tidak nyaman, gelisah, dan terganggu pada orang yang memakan brownies di depan cermin dibandingkan dengan yang tidak memakannya di depan cermin. 

Mengapa Bisa Muncul Perasaan Tidak Nyaman?

Ilustrasi perempuan gelisah
Ilustrasi perempuan gelisah/Foto: Freepik/Cookie_Studio

Ata Jami menjelaskan bahwa melirik cermin saat makan memberikan ketidaknyamanan psikologis karena mereka lebih dari sekadar memandang penampilan fisik. Melalui cermin orang akan menilai dirinya secara objektif karena cermin membantu menilai apa yang ada di depannya secara fakta.

Ini dapat membantumu untuk menghentikan kebiasaan makan yang buruk serta pola makan yang tidak sehat. Meskipun dalam hal penurunan berat badan dapat dibantu dengan cermin, namun kamu tetap harus bisa memilih apa yang akan dikonsumsi ya, Beauties!

Mendorong Pola Makan Sehat

Ilustrasi perempuan makan makanan sehat
Ilustrasi perempuan makan makanan sehat/Foto: Freepik/Jcomp

Tahukah kamu Beauties? Ada hal menarik dari penelitian makan di depan cermin. Melansir dari Wolipop, penelitian tersebut dilakukan untuk mendorong pola makan sehat. Kok bisa ya? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ketika kamu makan makanan yang tidak sehat di depan cermin maka akan muncul perasaan tidak nyaman.

Sebaliknya, jika kamu makan makanan yang sehat di depan cermin maka dirimu tidak akan merasakan perasaan yang tidak nyaman. Itulah mengapa makan di depan cermin dikatakan sebagai metode untuk mendorong pola makan sehat.

Ilustrasi perempuan makan cokelat
Ilustrasi perempuan makan cokelat/Foto: Freepik/Jcomp

Sebagai contohnya, dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa para mahasiswa tersebut juga diberikan sepotong kue cokelat dan satu porsi salad buah. Mereka dibagi menjadi dua ruangan. Satu ruangan untuk mahasiswa yang makan tanpa cermin dan satunya lagi untuk mahasiswa yang makan di ruangan dengan cermin.

Hasilnya adalah mahasiswa yang makan sepotong kue cokelat di ruangan dengan cermin merasa kuenya kurang enak dibandingkan dengan mahasiswa yang makan di ruangan tanpa cermin. Namun, menariknya semua mahasiswa yang makan salad buah di kedua ruangan tidak menemukan perubahan rasa.

Nah, gimana, Beauties tertarik untuk mencoba makan di depan cermin?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id