sign up SIGN UP

Cara Membersihkan Matras Yoga secara Mudah di Rumah, Biar Nggak Cepat Rusak dan Jadi Sarang Bakteri!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 17 Sep 2022 15:30 WIB
Cara Membersihkan Matras Yoga secara Mudah di Rumah, Biar Nggak Cepat Rusak dan Jadi Sarang Bakteri!
Cara Membersihkan Matras Yoga dengan Tepat Supaya Tak Mudah Rusak/Foto: Pexels.com/Elina Fairytale

Matras yoga merupakan salah satu peralatan olahraga yang kerap dipakai sebagai alas latihan yoga, kardio, atau pilates.

Oleh sebab itu, matras yoga menjadi benda yang rentan terhadap tumpukan kotoran, minyak, dan bakteri dari keringat, jejak kaki, hingga jejak sepatu selama latihan. Matras yoga yang jarang dibersihkan pun akan menimbulkan bau tak sedap, yang tentunya mengganggu kenyamanan saat berolahraga.

Ini Waktu untuk Membersihkan Matras di Rumah

Olahraga Senam LantaiOlahraga/ Foto: Freepik.com/ourteam

Lantas, seberapa sering kamu harus membersihkan matras yoga? Mengutip laman MasterClass, ini sebenarnya bergantung pada intensitas olahragamu.

Bila kamu hanya berlatih beberapa kali seminggu, setidaknya bersihkan matras yoga sebulan sekali. Namun, bila kamu berlatih yoga setiap hari, usahakan untuk membersihkan matras lebih sering, sekitar 1-2 minggu sekali.

Meski begitu, membersihkan matras yoga secara singkat setiap selesai latihan adalah cara terbaik untuk menjaga matras yogamu tetap segar, bersih, dan awet.

Yuk, ikuti tips dan cara membersihkan matras yoga di bawah ini!

Periksa Instruksi Pembersihan Matras

Sebelum memilih produk pembersih, cek dulu instruksi perawatan matras kamu.

Produk pembersih atau disinfektan berbahan keras, misalnya yang mengandung pemutih dan alkohol, berpotensi merusak tikar dari waktu ke waktu. Selain itu, pembersih buatan sendiri yang berbasis cuka tidak direkomendasikan untuk yoga mat berbahan karet alami, karena karet dapat menyerap bau cuka yang kurang sedap.

Cara Membersihkan Matras Yoga secara Rutin

cara membersihkan matras yoga
Bersihkan matras yoga selesai berlatih/Foto: Pexels.com/Rosana Solis

Pembersihan matras selepas latihan yoga bertujuan untuk mencegah bakteri, jamur, dan virus yang mungkin menempel pada matras yoga. Sebelum itu, kamu membutuhkan alat-alat di bawah ini.

  • Pembersih matras yoga komersil: Produk cairan pembersih sekaligus disinfektan matras yoga ini mengandung bahan-bahan ramah lingkungan dan minyak esensial non-alkohol yang tidak akan merusak matras.
  • Larutan pembersih buatan sendiri: Campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1 atau 4:1 ke dalam botol semprot, lalu tambahkan sekitar 3-5 tetes minyak esensial tea tree oil atau minyak kayu putih.
  • Lap lembut, seperti kain mikrofiber atau lap kanebo.

Semprotkan pembersih pada lap atau kain lembut, lalu gunakan gerakan memutar untuk membersihkan kedua sisi matras secara menyeluruh. Setelah itu, letakan matras di permukaan yang rata atau gantung di area yang tertiup angin dan teduh. Pastikan matras benar-benar kering sebelum menggulungnya kembali.

Hindari menjemur matras yoga di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak materialnya.

Cara Pembersihan Mendalam

cara membersihkan matras yoga
Bersihkan matras yoga secara menyeluruh sebulan sekali/Foto: Unsplash.com/Conscious Design

Jika matras yogamu mulai berbau, sebaiknya lakukan pembersihan mendalam. Cara ini juga bisa dilakukan sekali dalam sebulan atau beberapa bulan.

Dikutip dari Good Housekeeping, beberapa matras yoga dapat direndam menggunakan air dingin dan sabun cuci piring atau deterjen lembut. Pastikan matras dibilas dengan baik dan biarkan hingga benar-benar kering. Hindari memasukkan matras yoga ke dalam mesin cuci, kecuali fitur matras yoga tersebut menyatakan bisa dicuci dengan mesin.

Tips Hilangkan Noda Membandel

Mengutip The New York Times, untuk mengatasi noda yang membandel, gunakanlah larutan yang terbuat dari campuran satu cangkir air hangat dan 2-4 tetes sabun cuci piring.

Semprotkan larutan ke noda yang kotor secukupnya, lalu gunakan kain lembut untuk menggosok area tersebut dengan lembut. Selanjutnya, bersihkan matras dengan kain lembab yang bersih untuk menghilangkan residu sabun. Angin-anginkan matras supaya mengering sepenuhnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id