sign up SIGN UP

Diet Anti Gagal, Pastikan Kamu Mengonsumsi 5 Makanan Kaya Vitamin A Ini untuk Kebutuhan Nutrisi yang Lengkap

Febriyani Rahmania | Jumat, 14 Jan 2022 21:30 WIB
Diet Anti Gagal, Pastikan Kamu Mengonsumsi 5 Makanan Kaya Vitamin A Ini untuk Kebutuhan Nutrisi yang Lengkap
Jangan sampai kamu melewatkan 5 makanan bervitamin A tinggi ini dalam piringmu ketika diet. (Foto: pexels.com/Oleg Magni)
Jakarta -

Di dunia ini banyak orang berbondong-bondong melakukan program diet dengan berbagai tujuan. Mulai dari alasan penampilan, kesehatan, hingga tren. Apa pun itu, untuk mencapai tujuan dari sebuah diet diperlukan konsistensi dan perhatian pada apa yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan makanan sedikit banyak berpengaruh pada kesuksesan diet yang kamu jalani. Bukan hanya sekadar urusan kalori, tetapi juga nutrisi lain yang terkandung di dalamnya, salah satunya vitamin A yang dikenal untuk menjaga ketajaman penglihatan dan kulit.

Dikutip dari Byrdie, USDA merekomendasikan jumlah vitamin A harian untuk perempuan sebesar 700 mikrogram (mcg atau g), sedangkan perempuan hamil sebanyak 750 dan 770 mikrogram (mcg atau g). Secara praktis, menambah makanan bervitamin A tinggi ke piring saat diet dapat membantu kamu mendapat pola makan yang sehat dan menambah kekebalan tubuh.

Selain jaga kesehatan mata, vitamin A juga dapat menghadang masuknya bakteri.Ilustrasi vitamin A. (Foto:Freepik.com/Wirestock)

Dihimpun dari Byrdie, berikut ini, ada lima makanan yang bisa menyumbang kebutuhan vitamin A besar bagi kamu beserta saran penyajiannya menurut ahli.

Keju

Terbuat dari susu sapi yang difermentasi, keju membantu kamu mencapai kebutuhan vitamin A harian. Serena Poon, CN, CHC, CHN, seorang chef selebriti, ahli gizi, dan master reiki, dan pendiri Culinary Alchemy dan Just Add Water, mengatakan satu potong keju cheddar mengandung sekitar 6% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.

Hindari mengonsumsi keju jika ingin kulit glowingKeju. (Foto: Pexels/ Tabitha Mort)

Namun, Pooh menyarankan untuk makan keju dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuh yang terkandung di dalamnya. Selain itu, tidak semua orang bisa mengonsumsi keju, karena protein (kasein) dan gula (laktosa) dalam susu dapat menyebabkan sakit perut atau peradangan pada beberapa orang.

Hati

Organ hewani menyumbang kebutuhan vitamin A pada manusia dalam jumlah yang sangat tinggi, yaitu sekitar 62% yang direkomendasikan setiap hari. Semantara ibu hamil disarankan untuk menghindari vitamin A berlebihan, para pelaku diet disarankan untuk mengonsumsi hati setiap hari karena manfaatnya.

Wortel

Wortel banyak disarankan untuk kesehatan indra penglihatan yang lebih baik dan itu bukan mitos, lho, Beauties. "Wortel terkenal dengan manfaat kesehatan mata, karena kandungan beta-karotennya yang tinggi yang diubah tubuh menjadi vitamin A," jelas Caroll Lee, konselor kesehatan bersertifikat dan pendiri Provenance Meals kepada Byrdie.

Wortel untuk mencegah rabun diniWortel. (Foto: Freepik.com/ azerbaijan_stockers)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Banyak cara untuk menikmati wortel, kamu bisa membuat jus, sup, atau salad. Pooh menambahkan jika satu wortel mengandung lebih dari 200% dari nilai vitamin A yang direkomendasikan setiap hari dalam bentuk provitamin.

Bayam

Menurut Lee, bayam adalah sumber vitamin A nabati yang bagus. Seperti wortel, kamu bisa mengolah bayam menjadi berbagai macam rupa. "Satu cangkir bayam (128 gram) mengandung 56% dari nilai vitamin A harian yang direkomendasikan dalam bentuk karotenoid," jelas Pooh.

Telur

Masker telur putih mentah bisa menginfeksi kulitTelur. (Foto: Pexels/ Pixabay)

Produk turunan dari hewan ini dikenal dengan proteinnya yang tinggi, tapi tidak berhenti sampai di situ. Sebab satu telur mengandung vitamin A sekitar 16% dari nilai vitamin A yang direkomendasikan setiap hari. Pooh merekomendasikan untuk mengonsumsi telur dengan berbagai sayuran segar dan rempah-rempah.

Menurut Lee, telur yang berasal dari ayam yang dipelihara di padang rumput mengandung lebih banyak vitamin A daripada telur konvensional. Lee menyarankan untuk mengonsumsi telur dengan cara diorak-arik, direbus, atau dipanggang untuk sarapan. Kamu juga bisa merebusnya sebagai tambahan di salad. 

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id