sign up SIGN UP

Jangan Nekat Ya Beauties, Hentikan Diet Kalau Kamu Alami 5 Hal Ini Pada Tubuh!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 11:30 WIB
Jangan Nekat Ya Beauties, Hentikan Diet Kalau Kamu Alami 5 Hal Ini Pada Tubuh!
caption
Jakarta -

Salah satu tujuan seseorang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan. Jika diet yang dilakukan berhasil, akan membuat tubuh terlihat ideal dan bugar. Akan tetapi, diet juga perlu dilakukan dengan benar. Sebab, diet yang salah dapat menganggu kesehatan, karena tubuh kekurangan nutrisi penting.

Cara diet yang keliru berbahaya untuk kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Seperti yang dikutip dari laman Woman Osophy beberapa tanda dalam tubuh dapat menunjukan seseorang perlu menghentikan diet mereka. Hal ini menjadi ‘sinyal’ bahwa tubuh sedang mengalami masalah. So, apa saja tanda yang dimaksud? Simak jawaban berikut!

Mudah Berpikir Negatif

Diet yang salah bisa menyebabkan overthinking
Diet yang salah bisa menyebabkan overthinking/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Diet yang dilakukan secara berlebihan dapat mengganggu cara kerja otak, salah satunya mudah berpikir negatif. Seseorang sering merasakan overthinking atau berprasangka buruk kepada orang lain bisa saja terjadi karena diet yang dilakukan secara berlebihan.

Pola makan yang tidak sehat, akan membuat pikiran menjadi tidak sehat pula. Selain itu, seseorang juga akan merasa sulit berpikir, dalam hal ini dapat terjadi kemungkinan penurunan fungsi otak.

Stres dan Insomnia

Diet yang salah menyebabkan stres dan insomnia
Diet yang salah menyebabkan stres dan insomnia/ foto: Freepik.com/ Jcomp

Tubuh yang mengalami diet dengan cara yang tidak sehat dapat berpengaruh pada tingkat stres hingga insomnia atau gangguan tidur. Hal ini dikarenakan diet yang dilakukan tidak memperhitungkan asupan gizi yang masuk, sehingga tubuh kekurangan nutrisi penting. Ketika seseorang menjalankan diet ketat yang tidak sehat, akan mudah merasakan stres dan insomnia.

Penurunan Berat Badan Drastis

Diet yang salah menyebabkan permasalahan berat badan
Diet yang salah menyebabkan permasalahan berat badan/ foto: Freepik.com/ user18526052

Pada dasarnya, seseorang melakukan diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, jika berat badan terjadi penurunan secara drastis dalam kurun waktu yang singkat, bisa menjadi sebuah masalah. Penurunan berat badan secara drastis ternyata mampu meningkatkan stres pada tubuh dan tubuh juga dapat mengalami kenaikan berat secara drastis.

Oleh karena itu, kunci melakukan diet salah satunya adalah kesabaran. Proses yang dilakukan dengan benar, akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Sebaiknya, lakukan diet dengan penuh kesabaran dan konsisten.

Munculnya Pocrescophobia

Diet yang salah dapat memicu phobia
Diet yang salah dapat memicu phobia/ foto: Freepik.com/ shurkin_son

Poscrescophobia merupakan salah satu jenis phobia atau ketakutan akan kenaikan berat badan. Seseorang yang mengalami phobia tersebut umumnya takut menginjak timbangan. Terlebih lagi, ketika hasil timbangan menunjukkan kenaikan berat badan, seseorang dapat merasa stres berlebihan. Jika phobia ini tidak segera membaik, disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter.

Rasa Cemas Berlebihan

Diet yang salah menyebabkan gangguan kecemasan
Diet yang salah menyebabkan gangguan kecemasan/ foto: Freepik.com/ freepik

Diet ketat yang salah dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan. Bahkan, kondisi yang lebih parah lagi dapat menyebabkan depresi. Jika kamu mulai merasa cemas berlebihan ketika diet, sebaiknya hentikan diet tersebut atau atur kembali diet kamu.

Bisa jadi, diet yang dilakukan membuat tubuh menjadi kekurangan nutrisi penting. Selain menyebabkan gangguan kecemasan hingga depresi, diet ketat yang salah akan membuat tubuh menjadi mudah sakit dan tidak bersemangat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id