STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jadi Masalah Saat Bulan Puasa, Ini Kiat Lancarkan Buang Air Besar Secara Alami dan Mudah Dilakukan!

Octavia Dewi | Beautynesia
Kamis, 14 Apr 2022 22:30 WIB
Jadi Masalah Saat Bulan Puasa, Ini Kiat Lancarkan Buang Air Besar Secara Alami dan Mudah Dilakukan!

Saat bulan puasa, tak jarang sebagian orang mengeluhkan masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Tentunya kesulitan dalam buang air besar membuat perut terasa tidak nyaman, seperti terasa begah, kembung, mual ringan, dan lain sebagainya. 

Apalagi saat bulan puasa, tentu kamu ingin puasa berjalan dengan nyaman tanpa masalah apapun, bukan? Nah, dilansir dari detikHealth, ini dia kiat untuk memperlancar buang air besar. Yuk simak, Beauties!

1. Perbanyak Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari atau 2 Liter

Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter
Perbanyak Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari atau 2 Liter/Foto: Freepik.com/Svetlanasokolova

Kiat melancarkan buang air besar alami yang pertama yaitu dengan mengonsumsi air mineral yang cukup. Penyebab BAB tidak lancar salah satunya adalah dehidrasi, apalagi saat puasa ini.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh akan mengimbangi dengan menarik air dari usus besar. Saat air dari usus besar diserap tubuh, kotoran BAB jadi mengeras dan timbul sembelit. Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi air putih yang cukup.

2. Konsumsi Makanan Berserat Seperti Buah dan Sayuran

Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran
Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran/Foto: Freepik.com/Jcomp

Serat mampu menambah massa pada kotoran BAB. Sehingga usus dapat terstimulasi untuk mendorong tinja keluar. Makanan yang banyak mengandung serat yaitu buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, roti gandum utuh, beras merah, dan lain sebagainya.

Namun, hindari makan terlalu banyak serat di satu waktu karena bisa menyebabkan kesulitan BAB. Konsumsi makanan kaya serat lima porsi setiap hari.

3. Rajin Berolahraga atau Aktif Bergerak

Rajin berolahraga atau aktif bergerak
Rajin Berolahraga atau Aktif Bergerak/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Kiat berikutnya dalam mengatasi kesulitan BAB adalah dengan rutin berolahraga. Lakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, lari, renang, bersepeda, dan lain sebagainya dapat membuat tubuh lebih aktif bergerak dan melancarkan BAB secara alami.

Pilih salah satu olahraga ringan dan lakukan selama 10 sampai 15 menit setiap hari.

4. Konsumsi Probiotik

Konsumsi probiotik
Konsumsi Probiotik/Foto: Freepik.com/Pressfoto

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, tempe, kimchi, asinan sayur, acar, sup miso, keju, dan kefir. Mengonsumsi probiotik dapat menekan pertumbuhan bakteri berbahaya, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melindungi saluran pencernaan, dan membantu menghasilkan vitamin K. Dalam sebuah penelitian, konsumsi probiotik secara signifikan mengatasi sembelit yang parah dan melunakkan feses yang mengeras.

Nah Beauties, itu dia kiat dalam melancarkan buang air besar. Tentunya kiat tersebut aman dilakukan karena tidak menggunakan zat kimia atau hal lain yang membahayakan.

Semoga informasi di atas dapat membantu kalian yang mengalami kesulitan dalam buang air besar Namun, jika sudah mencoba beberapa hal di atas namun tidak mengalami perkembangan, sebaiknya segera periksakan ke ahlinya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE