sign up SIGN UP

Jadi Rahasia Sehat Orang Jepang, Ini 4 Manfaat Natto yang Lagi Viral di Indonesia!

Febriyani Frisca Rahmania | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 10:30 WIB
Jadi Rahasia Sehat Orang Jepang, Ini 4 Manfaat Natto yang Lagi Viral di Indonesia!
caption
Jakarta -

Jepang punya banyak makanan khas yang lezat dan mendunia. Tak hanya itu, makanan Jepang juga dikenal sehat, terlebih salah satu wilayah di Jepang, Okinawa, termasuk dalam blue zone, wilayah dengan penduduk paling panjang umur.

Baru-baru ini, di Indonesia tengah keranjingan satu makanan Jepang yang tidak biasa, yaitu natto. Makanan ini viral di media sosial TikTok karena banyak yang mengulas dan mengatakan makanan ini punya aroma yang mengejutkan.

NattoNatto. / Foto: iStock

Faktanya, natto adalah makanan yang sangat bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Health Line, dalam 100 gram natto mengandung 212 kalori, 11 gram lemak, 5 gram serat, 18 gram protein, 76% mangan, 48% besi, 33% tembaga, 29% vitamin K1, 29% magnesium, 22% kalsium, 22 vitamin C, 21% kalium, 20% seng, 13% selenium, yang semuanya adalah asupan harian yang direkomendasikan.

Proses fermentasi pada natto juga membuatnya kaya akan probiotik, Beauties. Mikroorganisme tersebut merupakan bakteri baik yang bermanfaat kesehatan, terutama pencernaan. Lantas, apa lagi manfaat natto yang terkenal sebagai makanan sarapan di Jepang? Dihimpun dari Health Line, berikut ulasannya.

Natto Meningkatkan Pencernaan

Ada triliunan mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia. Jumlah tersebut lebih banyak 10 kali dari jumlah total sel yang ditemukan di tubuh. Nah, bakteri baik di usus akan menciptakan flora usus yang sehat juga. 

Menimbulkan masalah pencernaanIlustrasi masalah pencernaan. (Foto: Freepik.com/diana.grytsku) 

Dalam hal ini, probiotik pada natto berfungsi sebagai garis pertahanan pertama usus melawan racun dan bakteri berbahaya. Sebuah penelitian melaporkan bahwa probiotik bisa mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung terkait antibiotik.

Bikin Tulang yang Lebih Kuat

Nutrisi yang terkandung dalam natto juga mendukung kesehatan tulang. Seperti yang telah dikatakan di atas, 100 gram natto mengandung 22% kalsium dari asupan harian yang direkomendasikan. Selain itu, natto juga sumber K1 dan vitamin K2 yang langka tapi penting.

Sumber kalsium untuk tulangTulang lebih kuat. (Foto: freepik.com/tirachard)

Vitamin K1 berperan dalam pembekuan darah dan vitamin K2 berperan penting dalam kesehatan tulang. Vitamin ini mengaktifkan protein pembangun tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang dan menyimpannya.

Jantung Lebih Sehat

Serat dan probiotik yang terkandung pada natto dikabarkan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Lebih dari itu, fermentasi natto juga menghasilkan nattokinase, enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah.

Selanjutnya, peneliti di Jepang melaporkan bahwa natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE). Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan bahwa nattokinase mengurangi tekanan darah sekitar 3-5,5 mmHg pada subjek penelitian dengan tekanan darah awal 130/90 mmHg.

Penyakit serius akibat kebiasaan buruk di usia mudaIlustrasi penyakit jantung. (Foto: Freepik.com/@newafrica)

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan mengonsumsi makanan kaya vitamin K2 secara teratur bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 57%.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Imunitas tubuh berperan penting dalam memelihara kesehatan. Nah, beberapa nutrisi dalam natto bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho, Beauties. Salah satunya lagi-lagi adalah probiotik.

Tanda-tanda Menurunnya Imunitas Tubuh/pexels.com/Andrea PiacquadioTanda-tanda Menurunnya Imunitas Tubuh/pexels.com/Andrea Piacquadio

Probiotik membantu memproduksi bakteri baik dalam usus yang mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi alami. Ditambah, probiotik membantu kamu pulih lebih cepat jika kamu sedang mengalami sakit.

Selain tinggi probiotik, natto kaya akan vitamin C, zat besi, seng, selenium, dan tembaga. Semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Kandungan-kandungan tersebut lah yang mungkin menjadi rahasia hidup sehat warga Jepang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id