sign up SIGN UP

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Kecil Sehari-hari Ini Bikin Kamu Susah Ratakan Perut Buncit!

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 08:00 WIB
Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Kecil Sehari-hari Ini Bikin Kamu Susah Ratakan Perut Buncit!
Ilustrasi perut buncit/Foto: Pexels.com/Andres Ayrton
Jakarta -

Perut buncit menjadi salah satu permasalahan yang dialami dan dikeluhkan banyak orang. Namun sebenarnya ada banyak cara untuk meratakan perut buncit yang bisa dilakukan, seperti rutin berolahraga hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, pernahkah kamu sudah berolahraga dan menjaga asupan makan, namun masih kesulitan untuk meratakan perut buncit, Beauties? Well, bisa jadi ada beberapa kebiasaan kecil sehari-hari yang secara tidak sadar kerap kamu lakukan dan bisa menggagalkan usaha menghilangkan lemak di perut, nih!

Dirangkum dari The Healthy, berikut kebiasaan kecil sehari-hari yang bikin kamu susah ratakan perut buncit. Yuk, cari tahu!

Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Berselancar di sosial media/ Foto: Pexels.com/ Mikorotaw PhotographerIlustrasi bermain media sosial/ Foto: Pexels.com/ Mikorotaw Photographer

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini media sosial menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Namun, jika kamu terlalu sering bermain media sosial, berat badan bisa mengalami kenaikan, lho!

Sebuah penelitian  menemukan bahwa jika peserta memiliki teman yang mengalami kenaikan berat badan, kemungkinan mereka juga mengalami hal yang sama, yaitu naik 57 persen, menurut Harvard Health Blog. Para ilmuwan menduga bahwa jejaring sosial memengaruhi apa yang orang anggap normal dan dapat diterima. Jika kamu melihat seseorang di media sosial, katakanlah teman SMA mengalami kenaikan berat badan, kamu juga merasa tidak apa-apa untuk mengalaminya pula.

Selain itu, jika kamu hanya bermain media sosial, kamu cenderung jadi jarang bergerak, karena biasanya bermain media sosial dilakukan sembari tidur atau rebahan. Kurang gerak bisa menggagalkan usahamu untuk mendapatkan perut rata, Beauties!

Hanya Mengandalkan Jus Buah

jusJus Buah/ Foto: freepik.com

Jika dengan minum jus buah menjadi cara untuk mencukupi asupan buah setiap hari, kamu akan lebih banyak 'rugi' dibanding sehat, nih, Beauties. Kira-kira kenapa, ya?

"Tubuh Anda membutuhkan serat untuk membantu mengatur seberapa banyak dan seberapa cepat gula masuk ke aliran darah," kata Rasa Kazlauskaite, MD, ahli endokrinologi di Rush University Prevention Center di Chicago.

"Terlalu banyak gula menyebabkan peradangan di dalam perut dan berkontribusi pada lemak perut," tambahnya.

Jus buah pada umumnya tinggi kalori dan gula, ditambah lagi kekurangan serat dan vitamin serta nutrisi lain yang kamu dapatkan dari sepotong buah yang utuh (tidak diolah menjadi jus). Jadi, ada baiknya kamu konsumsi buah secara langsung saja ya, Beauties. Beberapa jenis buah yang bisa bantu ratakan perut buncit misalnya buah berry, apel, semangka, alpukat, hingga pisang.

Tidak Konsisten Berolahraga

ilustrasi olahraga di pagi hari/Foto: Freepik.com/tirachardzIlustrasi olahraga/Foto: Freepik.com/tirachardz

Kamu pasti paham betul kalau olahraga memegang peranan penting untuk menurunkan berat badan, termasuk meratakan perut buncit. Mungkin kamu selama ini sudah berolahraga, namun bisa jadi belum rutin atau konsisten nih, Beauties.

"Saat Anda berolahraga, otot menggunakan energi alih-alih disimpan dalam lemak perut," ungkap Dr. Kazlauskaite.

Jenis olahraga yang bisa bantu ratakan perut buncit adalah olahraga intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT).

Terlalu Lama Duduk

Businesswoman Relax from work. At the officeIlustrasi duduk saat bekerja/ Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai

Jika kamu seorang pekerja atau pelajar yang bisa menghabiskan waktu lebih dari delapan jam sehari untuk duduk menatap layar, ini bisa menjadi kebiasaan yang bikin kamu susah meratakan perut buncit. Duduk terlalu lama tanpa diselingi aktivitas lain membuat kamu kehilangan kesempatan untuk bergerak yang dapat membantu membakar kalori.

Solusinya, berdiri dan lakukan peregangan sesering mungkin, perbaiki postur tubuh, dan rajin berjalan-jalan.

Kurang Tidur

Ruangan yang nyaman menjadi terapi unik untuk mendukung kualitas tidur lebih nyenyak.Ilustrasi tidur/Foto: Freepik.com/drobotdean

Beauties, kamu suka begadang? Atau mungkin sulit mendapatkan tidur yang cukup? Bisa jadi hal ini menjadi penyebab mengapa kamu sulit menghilangkan lemak di perut. 

Kurang tidur bisa menjadi penyebab perut buncit karena bisa membuat kamu mengonsumsi makanan yang tidak sehat keesokan harinya dengan dalih untuk mendapatkan energi tambahan. Kurang tidur juga bisa membuat kamu kehilangan motivasi untuk berolahraga.

Itulah beberapa kebiasaan kecil sehari-hari yang bisa bikin kamu sulit meratakan perut buncit. Ada yang sering kamu lakukan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id