sign up SIGN UP

Insomnia dan Overthinking Sepanjang Malam? Atasi dengan 4 Kebiasaan Kecil Ini, yuk!

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 23:00 WIB
Insomnia dan Overthinking Sepanjang Malam? Atasi dengan 4 Kebiasaan Kecil Ini, yuk!
caption

Beauties, apakah kamu sering susah tidur dan overthinking di malam hari? Selain menyusahkan, gangguan tidur berkepanjangan seringkali menyerang kesehatan fisik dan emosional. Tidak hanya membuat tubuh lebih lelah dalam beraktivitas, tapi juga memengaruhi emosi menjadi kurang stabil.

Tanda umum yang sering dijumpai adalah seperti kesulitan fokus, mudah terbangun di malam hari tanpa bisa tidur kembali, merasa lelah saat bangun di pagi hari, dan perasaan frustasi atau cemas. 

Atasi susah tidur dan overthinking agar tubuhmu tidak semakin lelah untuk melanjutkan produktivitas di keesokan harinya. Yuk, cobain 4 kebiasaan kecil berikut ini!

Atasi Kekhawatiran yang Mengganggu

Mencari tahu sumber kekhawatiran dapat membantu atasi susah tidur dan overthinking di malam hari.
Atasi susah tidur dan overthinking dengan terapi//foto: freepik.com/tirachardz

Cari tahu kekhawatiran seperti apa yang mengganggu belakangan ini. Mencoba menyelesaikan kerumitan di kepala membantu kamu mengurangi overthinking di malam hari, Beauties. Selesaikan lebih dulu pikiran yang mengganggu untuk mendapatkan istirahat lebih optimal.

Kamu juga bisa mempelajari manajemen stres untuk membuat pola istirahat lebih seimbang. Dengan mengelola emosi secara tepat, risiko merasakan kelelahan secara fisik dan psikis akan jauh lebih sedikit.

Mencari Ketenangan Tubuh dan Pikiran

Kunci utama untuk atasi susah tidur dan overthinking adalah dengan mencari ketenangan.
Atasi susah tidur dan overthinking dengan terapi//foto: freepik.com/karlyukav

Pikiran dan tubuh yang tenang membantu atasi susah tidur dan overthinking, Beauties. Sempatkan dalam sehari melakukan relaksasi untuk menjaga pikiran lebih seimbang dan membuat tubuh lebih tenang.

Kebiasaan untuk menenangkan pikiran yang bisa kamu coba untuk membantu mendapatkan istirahat optimal adalah akupuntur, aromaterapi, yoga, peregangan otot, pijat, meditasi, mendengarkan musik, dan mandi air hangat.

Ruang Tidur yang Nyaman

Ruangan yang nyaman menjadi terapi unik untuk mendukung kualitas tidur lebih nyenyak.
Atasi susah tidur dan overthinking dengan terapi/foto: freepik.com/drobotdean

Memiliki ruang tidur dengan suasana kondusif membantu kamu mendapatkan kualitas istirahat lebih baik, Beauties. Tidak hanya perkara menentukan jam berapa mulai istirahat, tapi juga kondisi ruangan yang menjadi tempatmu merebahkan penat.

Manjakan dirimu dengan kasur dan bantal yang nyaman untuk merebahkan badan selepas seharian menekuni aktivitas padat. Tidak ada salahnya membuat ruangan dengan suhu seimbang dengan pencahayaan sedikit minim agar membantu mengurangi kecemasan.

Memantau Asupan Makanan dan Obat

Mengontrol masuknya asupan makanan dan obat dalam tubuh merupakan salah satu terapi unik dalam mengatasi susah tidur dan overthinking.
Atasi susah tidur dan overthinking dengan terapi/foto: freepik.com/jcomp

Kebiasaan yang tidak kalah penting untuk memerangi insomnia dan overthinking adalah dengan memastikan seperti apa asupan makanan dan obat dalam tubuh. Tidak jarang apa yang kita konsumsi menjadi penghambat istirahat sehingga mata sulit terpejam di malam hari.

Atur pola makan dengan mengimbangi pembatasan kafein, seperti yang terdapat dalam kopi dan teh. Mengonsumsi obat tertentu juga mampu menghambat kualitas tidur. Sebaiknya hindari apabila memang tidak begitu diperlukan. Dan hal terpenting, konsultasikan dengan dokter, ya!

Atasi susah tidur dan overthinking di malam hari dapat kamu lakukan dengan cara di atas, Beauties. Dapatkan kembali kesempatan beristirahat lebih seimbang tanpa mengancam kesehatan fisik dan psikismu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id