sign up SIGN UP

Makanan Gluten Free Sedang Tren, Benarkah Kandungan Gluten Picu Gangguan Kesehatan?

Justina Nur | Beautynesia
Sabtu, 24 Jul 2021 10:15 WIB
Makanan Gluten Free Sedang Tren, Benarkah Kandungan Gluten Picu Gangguan Kesehatan?
caption

Akhir-akhir ini ada tren kesehatan yang sering diucapkan banyak orang, yaitu makanan gluten free atau bebas kandungan gluten. Akan tetapi, hal ini tentu memicu kebingungan, benarkah kandungan gluten berbahaya untuk tubuh manusia?

Gluten sering dianggap sebagai senyawa tunggal, padahal gluten sendiri merupakan istilah kolektif yang mengacu pada berbagai jenis protein (prolamin) yang sering ditemukan pada gandum, barley, rye, dan triticale (persilangan antara gandum dan rye). Protein yang terdapat gluten seperti glutenin dan gliadin memiliki sifat yang elastis. Oleh karena itu, tepung yang berasal dari biji-bijian mengandung gluten cocok untuk membuat roti dan makanan panggang lainnya.

Gluten dalam makanan
Gluten dalam makanan/Pixabay.com/Alexas_Fotos

Tak hanya itu, gluten ekstra yang sering ditemukan dalam bentuk produk bubuk yang disebut gluten gandum vital sering ditambahkan ke dalam makanan yang dipanggang, untuk meningkatkan kekuatan, kenaikan, dan umur simpan produk jadi.

Protein gluten juga memiliki sifat yang tahan terhadap enzim protease yang memecah protein di saluran pencernaan. Pencernaan protein yang tidak lengkap akan memungkinkan peptida untuk menyeberang melalui dinding usus kecil ke seluruh tubuh. Hal inilah yang dapat memicu respons imun yang ditunjukkan pada sejumlah kondisi terkait gluten, seperti gejala penyakit celiac.

Roti dari gandum
Roti dari gandum/Pixabay.com/Einladung_zum_Essen

Penyakit celiac sendiri merupakan penyakit autoimun inflamasi yang disebabkan karena genetik dan lingkungan. Mengonsumsi makanan dari biji-bijian akan menyebabkan gangguan pada sel-sel yang melapisi usus kecil pada orang yang menderita celiac. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan usus, malabsorpsi nutrisi, penurunan berat badan, dan diare.

Oleh karena itu, seseorang yang mengalami penyakit celiac dan alergi gandum, sebaiknya tetap menerapkan pola makan yang bebas gluten atau gluten free. Akan tetapi, ada beberapa alasan mengapa kebanyakan orang merasa lebih baik menerapkan pola makan bebas gluten.

Manfaat Menerapkan Diet Bebas Gluten atau Gluten Free

Diet bebas gluten
Diet bebas gluten/Pexels.com/Vincent Rivaud

Pertama, menghindari makanan mengandung gluten biasanya terkait dengan mengurangi konsumsi makanan olahan, seperti makanan cepat saji, makanan panggang, dan sereal manis. Makanan tersebut tak hanya mengandung gluten, tetapi juga tinggi kalori, gula, dan lemak tidak sehat. Selain itu, banyak orang yang mengatakan bahwa mereka tidak mudah lelah dan terhindar dari nyeri sendi usai menerapkan diet bebas gluten. 

Meskipun banyak profesional kesehatan menyarankan hal yang sebaiknya, diet bebas gluten tetap aman untuk dilakukan, bahkan untuk orang yang tidak perlu melakukannya. Mengurangi konsumsi makanan dari andung dan biji-bijian atau produk mengandung gluten lainnya juga tidak akan menyebabkan efek kesehatan yang merugikan, asalkan diganti dengan konsumsi makanan bergizi.

Akan tetapi, perlu dicatat, bahwa hanya karena suatu makanan diklaim bebas gluten, bukan berarti makanan tersebut termasuk sehat. Banyak penjual atau perusahaan yang memasarkan kue dan makanan olahan bebas gluten lainnya dengan klaim lebih sehat daripada produk serupa yang mengandung gluten.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id