sign up SIGN UP

Masih Ada Kurma Sisa Puasa dan Lebaran? Ini Cara Menyimpannya Agar Tetap Awet dan Layak Makan!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 07:30 WIB
Masih Ada Kurma Sisa Puasa dan Lebaran? Ini Cara Menyimpannya Agar Tetap Awet dan Layak Makan!
caption

Tidak terasa bulan puasa dan lebaran tahun ini telah kita lalui ya, Beauties. Kembali mengingat, kurma menjadi salah satu makanan yang identik dikonsumsi pada momen ini. 

Selain sebagai sunah Nabi, makanan yang satu ini pun sangat kaya akan manfaat. Berbondong-bondong orang biasanya menyiapkan banyak stok saat puasa dan lebaran kemarin.

Karena hal ini, terkadang membuat banyak sisa kurma di rumah. Daripada sayang dibuang, berikut adalah cara simpan buah kurma agar tetap awet, yang dilansir dari berbagai sumber. Simak yuk!

1. Simpanlah Kurma di Dalam Kulkas/ Freezer 

cara simpan kurma
cara simpan kurma/ Foto: Pexels.com/ Max V.

Kurma yang berjenis kering biasanya awet hingga setengah tahun jika disimpan di dalam suhu ruang. Melansir dari Does It Go Bad, jika kurma jenis kering ingin disimpan sampai 1 tahun agar lebih awet, maka cara simpan kurma yang tepat adalah di dalam kulkas. 

Selain kurma jenis kering, kurma yang basah malah tidak tahan di suhu ruang. Kurma basah sebaiknya disimpan di dalam freezer atau kulkas, karena jika tidak, jamur lebih rentan untuk tumbuh. Kurma yang basah jika disimpan di dalam freezer bisa bertahan sampai 6 bulan.

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Kurma 

cara simpan kurma
cara simpan kurma/ Foto: Pexels.com/ Naim B.

Setiap membeli makanan apa pun, termasuk kurma, selalu perhatikan tanggal kadaluarsanya. Begitu pula di saat kamu telah menyimpan kurma dalam waktu yang lama, kamu juga patut memperhatikan apakah kurma tersebut masih layak untuk dimakan atau tidak?

Jika tanggal kadaluarsanya sudah dekat atau sudah lewat kadaluarsa, sebaiknya kurma tersebut dibuang karena sudah tidak layak dikonsumsi.

3. Simpan Kurma dalam Wadah yang Tertutup 

cara simpan kurma
cara simpan kurma/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Cara simpan buah kurma yang selanjutnya adalah dalam wadah yang tertutup. Kurma kering maupun basah wajib disimpan dalam wadah yang tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kulkas/ freezer.

Tujuan menyimpannya dalam wadah yang tertutup adalah untuk menjaga kualitas kurma. Pastikan bahwa wadah yang digunakan untuk menyimpan kurma tidak ada celahnya yang bisa mengeluarkan udara. 

4. Kenali Ciri-ciri Kurma yang Sudah Tidak Layak Dikonsumsi 

cara simpan kurma
cara simpan kurma/ Foto: Pexels.com/ Riki R.

Melansir The Kitchn, kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi biasanya memiliki ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Kurma kemungkinan besar bisa berubah warna atau berjamur. Karena hal ini, sebaiknya kamu memperhatikan buah kurma yang dimiliki sebelum dikonsumsi. 

Kurma yang berjamur biasanya akan berubah warna menjadi lebih gelap, pada bagian luar atau dalamnya. Kurma dengan warna yang lebih gelap ini sebaiknya dibuang saja.

Selain itu, kurma yang memiliki bau tak sedap juga artinya sudah tidak layak dikonsumsi. Jika bau kurma tersebut sangat kuat, tidak enak, atau berbau busuk, maka ini merupakan sebuah tanda bahwa kurmanya sudah tidak layak dikonsumsi. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id