sign up SIGN UP

Mau Makan Banyak Tanpa Khawatir Berat Badan Naik? Yuk, Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini!

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 23:00 WIB
Mau Makan Banyak Tanpa Khawatir Berat Badan Naik? Yuk, Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini!
Ilustrasi perempuan makan makanan sehat/Foto: Freepik/Jcomp

Kesehatan secara langsung berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mempertahankan makanan bergizi. Sebelum kamu mulai menurunkan berat badan, kamu harus terlebih dulu menjaga bentuk dan pola makan yang bergizi. Kebiasaan makan yang signifikan dapat mempengaruhi penurunan berat badan atau penambahan berat badan. Selain itu, kamu juga harus memahami indeks rasa kenyang, Beauties.

Indeks rasa kenyang adalah indikator seberapa puas makanan yang kamu rasakan, dapat membantu kamu makan lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan. Makanan tertentu ketika dicerna dalam jumlah besar, mengandung sedikit kalori daripada yang lain karena kepadatan energi dan beratnya yang lebih rendah.

Melansir Housing Lover, berikutĀ 7 makanan yang bisa dikonsumsi dalam jumlah besar tanpa khawatir berat badan naik. Yuk, cari tahu!

Oatmeal

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Oatmeal/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Oatmeal adalah karbohidrat gandum utuh karena kandungan seratnya yang tinggi yang menjadikannya sumber nutrisi yang baik. Oatmeal menjadi salah satu pilihan sarapan yang praktis karena mudah dibuat.

Kandungan air yang tinggi dalam oatmeal cukup membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain mengurangi gula darah dan memperlambat pencernaan, beta-glukan yang ditemukan dalam oatmeal juga dapat bantu mencegah penambahan berat badan.

Sup

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Sup/Foto: Freepik.com/atlascompany

Dalam sebuah penelitian, makanan yang banyak dan penuh tidak selalu mengenyangkan dan memuaskan. Disarankan untuk memilih sup berbasis kaldu dibandingkan sup krim karena sup kaldu mengandung lebih sedikit kalori. Sup berbasis kaldu adalah alternatif yang bagus untuk kamu yang ingin merasa kenyang lebih lama setelah memakannya.

Telur

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Telur/Foto: Freepik.com/jcomp

Mengonsumsi telur adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dosis protein yang baik dalam makanan. American Heart Association telah mengakui telur sebagai salah satu makanan tersehat yang bisa dikonsumsi. Setelah mengonsumsi telur, kamu akan merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Kesembilan asam amino esensial dapat ditemukan dalam telur, menjadikannya pasokan protein yang lengkap. Kandungan protein telur yang tinggi menjadikannya tambahan yang bagus untuk dikombinasikan dengan sarapan apa pun.

Ikan

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Ikan/Foto: Freepik.com/mdjaff

Ikan tinggi protein dan asam lemak omega-3 serta rendah lemak. Manfaat asam lemak omega-3 yang kamu dapatkan dari ikan tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik saja, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan membuat kamu lebih mudah untuk fokus.

Menurut banyak penelitian, ikan tidak hanya lebih rendah kalori, tapi lebih memuaskan dari daging. Dibandingkan dengan daging sapi, konsumsi ikan akan menurunkan asupan kalori sebanyak 11 persen.

Apel

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Apel/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Camilan atau makanan pembuka dari apel dilaporkan memiliki indeks rasa kenyang yang tinggi. Apel memiliki jenis serat yang disebut pektin, yang bermanfaat untuk pencernaan. Kandungan air dalam apel akan membuat tubuh merasa kenyang dan terhidrasi meski kamu tidak merasa lapar.

Jeruk

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Jeruk/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Jeruk berukuran sedang biasanya hanya memiliki 80 kalori. Jeruk juga dapat membantu dalam pemeliharaan kolesterol sehat dan kadar glukosa dalam aliran darah. Karena memiliki vitamin C yang tinggi, jeruk sangat baik untuk meningkatkan kinerja dan daya tahan sistem kekebalan tubuh.

Daging Tanpa Lemak

Makanan banyak tanpa khawatir berat badan naik
Daging tanpa lemak/Foto: Freepik.com/xilen

Daging sapi tanpa lemak adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan karena mudah membuat perut merasa kenyang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi daging tanpa lemak, akan makan lebih sedikit di waktu berikutnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi lebih banyak tanpa khawatir bisa menaikkan berat badan. Sayur dan buah bisa menjadi alternatif lain karena mereka tinggi akan serat namun tetap rendah kalori. Namun, tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi dan jangan sampai berlebihan ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id