STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bukan Cuma Makanan, 4 Minuman Ini Juga Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 06:15 WIB
Bukan Cuma Makanan, 4 Minuman Ini Juga Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh kombinasi faktor genetis dan lingkungan, seperti luka pada sendi, operasi besar, hingga makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari.

Dilansir dari Everyday Health, kondisi yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang bisa bertahan hingga berhari-hari atau berminggu-minggu ini sebenarnya bisa dihindari dengan stop mengonsumsi minuman-minuman berikut ini! Apa saja?

Bir

Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/BENCE BOROS)
Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/BENCE BOROS)

Bir adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan purin dalam jumlah besar dan dikaitkan dengan serangan asam urat. Purin sendiri merupakan hasil metabolisme protein yang dapat memicu penumpukan kristal asam urat pada sendi-sendi tangan serta saluran kencing/ginjal.

Jennifer Sloane, MD, seorang dokter spesialis reumatologi di Temple University Hospital, Philadelphia menyatakan bahwa sebuah studi memperkirakan jika seseorang mengonsumi 12 ons bir setiap harinya, maka mereka akan terpapar risiko terkena asam urat hingga 1,5 kali lipat dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

Minuman Beralkohol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bir masuk dalam kategori tersendiri dalam daftar minuman yang harus dihindari penderita asam urat karena kandungan purinnya yang tinggi dan dapat memicu penumpukan kristal asam urat.

Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Christin Hume)
Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Christin Hume)

Namun, ternyata minuman beralkohol lainnya pun bukan pilihan yang baik untuk penderita asam urat karena minuman beralkohol menyebabkan ginjal untuk mengekskresikan alkohol alih-alih asam urat yang seharusnya dikeluarkan untuk membuat kadar asam urat dalam tubuh menjadi normal.

Kondisi ini akhirnya meningkatkan jumlah asam urat dalam darah sehingga dapat memicu serangan asam urat dalam satu atau dua hari, menurut David Freeman, MD, seorang dokter pakar reumatologi di Lahey Clinic, Burlington, Mass.

Minuman Berpemanis Buatan

Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Jonny Caspari)
Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Jonny Caspari)

Beberapa studi menemukan adanya kaitan antara peningkatan risiko asam urat dengan konsumsi minuman dengan pemanis buatan, baik pada pria maupun perempuan. Bahkan sebuah penelitian besar mengungkapkan bahwa satu sajian minuman dengan pemanis buatan per hari dapat menggandakan risiko berkembangnya asam urat pada perempuan dibandingkan dengan yang mengonsumsi kurang dari jumlah tersebut.

Jus Jeruk

Jus dengan tambahan gula memang meningkatkan risiko terjadinya asam urat, tetapi ternyata jus jeruk tanpa tambahan pemanis pun dapat memicu asam urat. Penelitian yang dilakukan dalam 10 tahun terakhir membuktikan bahwa fruktosa tinggi dalam jus buah dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat.

Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Rae Wallis)
Ilustrasi minuman (Foto: Unsplash/Rae Wallis)

Jika dalam minuman kalengan berbahan pemanis buatan, fruktosa adalah jenis gula yang ditambahkan ke dalam formulasinya, maka fruktosa dalam jus jeruk adalah substansi yang memang ada di sana secara alami. Jadi, minum jus jeruk terlalu banyak sama berisikonya dengan minum minuman kaleng berpemanis buatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE