sign up SIGN UP

Minuman Populer Kopi Campur Matcha, Amankah untuk Kesehatan?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 15:30 WIB
Minuman Populer Kopi Campur Matcha, Amankah untuk Kesehatan?
caption

Kopi matcha menjadi salah satu tren yang mungkin terdengar unik, tapi apakah kombinasi ini cocok?

Matcha menjadi salah satu minuman sehat yang popularitasnya meroket. Rasanya yang sedikit pahit membuat banyak orang yang tidak terlalu suka manis menyukainya.

Di samping ini, kopi menjadi minuman sejuta umat yang disukai berbagai kalangan. Sayangnya, sebagian orang atas alasan kesehatan tak cocok dengan mengonsumsi kopi setiap hari. 

Lalu, apakah kopi matcha ini jadi perpaduan yang cocok? Dilansir dari detikFood, ini dia penjelasan mengenai minuman populer kopi campur matcha. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Mencampur Kopi dengan Matcha

Mencampur Kopi dengan Matcha
Mencampur Kopi dengan Matcha/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Matcha dan kopi ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Kombinasi ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari, agar mampu memberi energi tambahan serta membuat suasana hati menjadi tenang.

Namun bagi sebagian orang, kombinasi matcha dan kopi bukan ide yang bagus. Matcha dan kopi mengandung kafein. Satu sendok teh bubuk matcha mengandung 78 miligram kafein, secangkir kopi mengandung 95 miligram kafein.

Dikutip dari Eat This Not That, mengonsumsi kafein terlalu banyak dan sering dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, peningkatan risiko migrain, dan juga mulas atau refluks asam. Yang mana membuat kita harus membatasi konsumsi kopi, cukup dua cangkir dalam sehari.

2. Manfaat Kopi Matcha Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Matcha Bagi Kesehatan
Manfaat Kopi Matcha Bagi Kesehatan/Foto: Freepik.com/Topntp26

Matcha serta kopi mengandung kafein dan antioksidan yang tinggi. Manfaat konsumsi kopi matcha antara lain dapat mendorong energi, mempertajam kemampuan kognitif, membantu tubuh dalam melawan radikal bebas, serta kombinasi ini juga mampu menurunkan gula darah.

3. Kopi VS Matcha

Kopi VS Matcha
Kopi VS Matcha/Foto: Freepik.com/Topntp26

Dilansir dari detikFood, kopi dan matcha memiliki kandungan nutrisi yang mirip.

Minuman mana yang lebih sehat? Sebenarnya tak ada jawaban pasti. Sebab, tergantung kondisi tubuh dan manfaat yang diinginkan.

Jika memiliki masalah perut sensitif, sebaiknya jangan mengonsumsi kopi karena kandungan asamnya sangat tinggi. Sebaiknya, pilih matcha sebagai alternatif.

Namun ingat, kedua minuman ini tidak baik dikonsumsi berlebihan sebab mengandung zat antioksidan tinggi dan rentan terhadap kecemasan dan stres.

4. Cara Mencampurkan Kopi dan Matcha

Cara Mencampurkan Kopi dan Matcha
Cara Mencampurkan Kopi dan Matcha/Foto: Freepik.com/Topntp26

Kopi campur matcha paling nikmat diubah menjadi minuman seperti matcha espresso fusion atau dibuat menjadi latte. Kamu bisa menemukan beberapa kombinasi menjadi cappuccino atau es kopi biasa dengan tambahan matcha.

Namun, ketika ingin membuat campuran kopi matcha sendiri, pastikan untuk memilih bubuk matcha berkualitas baik. Saat mencampur keduanya, pastikan diaduk merata sehingga tidak ada sisa gumpalan.

Nah Beauties, itu dia penjelasan mengenai minuman populer kopi campur matcha! Mencampurkan keduanya mungkin akan membuat rasa yang kuat dan mampu memberikan efek gelisah pada sebagian orang. Maka dari itu, jika kamu tergolong sensitif akan kafein, disarankan menghindari minuman ini. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id