sign up SIGN UP

Nggak Hanya Bikin Berat Badan Turun, Ini 4 Manfaat dari Diet Tradisional Orang Jepang!

Gabriella Gebby | Beautynesia
Senin, 08 Aug 2022 18:00 WIB
Nggak Hanya Bikin Berat Badan Turun, Ini 4 Manfaat dari Diet Tradisional Orang Jepang!
caption

Diet adalah salah satu cara untuk pola hidup yang lebih sehat dan mendapatkan berat badan impian. Setiap orang tentu memiliki jenis diet yang berbeda-beda. Bahkan beberapa negara punya kebiasaan diet yang khas.

Jepang dikenal dengan diet tradisionalnya yang dinilai sangat sehat. Dilansir dari laman BBC Good Food, diet tradisional Jepang ini menjadi rahasia penduduknya memiliki harapan hidup yang tinggi dibandingkan dengan negara lain. Penasaran dengan diet sehat ala penduduk Jepang ini? Yuk disimak!

1. Penurunan Resiko Kematian Dini

Penurunan Resiko Kematian Dini
Penurunan Resiko Kematian Dini/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev

Studi yang dilakukan oleh British Medical Journal menemukan fakta bahwa orang yang konsisten melakukan diet tradisional Jepang akan terhindar dari resiko kematian dini. Hal ini terjadi karena konsumsi biji-bijian dan sayuran yang lebih banyak dibandingkan dengan produk hewani. Diet ini membantu mengurangi penyakit kardiovaskular yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

2. Tingkat Obesitas Rendah

Tingkat Obesitas Rendah
Tingkat Obesitas Rendah/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev

Penduduk Jepang sering mengonsumsi kacang kedelai sebagai salah satu asupan nutrisi setiap harinya. Biasanya kacang kedelai juga diolah menjadi tahu, miso, maupun natto. Manfaat kacang kedelai bagi tubuh adalah menjaga berat badan tetap stabil dan  menurunkan kadar kolestrol.

3. Mencegah Kanker Payudara

Mencegah Kanker Payudara
Mencegah Kanker Payudara/Foto: pexels.com/Pixabay

Diet tradisional Jepang memiliki nutrisi tinggi serta rendah kalori dan lemak jenuh. Dalam buah dan sayur terdapat kandungan fitonutrien yang merupakan zat alami untuk membantu melindungi kanker yang berhubungan terhadap hormon, misalnya kanker payudara. Tak heran Jepang memiliki julukan sebagai salah satu negara dengan masyarakat yang paling sehat.

4. Menghindari Penuaan Dini

Menghindari Penuaan Dini
Menghindari Penuaan Dini/Foto: pexels.com/Tuan Kiet Jr

Selain kacang kedelai, penduduk Jepang juga rutin mengonsumsi teh hijau. Konsumsi teh hijau bisa diseduh maupun dijadikan sebagai matcha. Teh hijau kaya akan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh pemicu penuaan dini. Tertarik untuk mencoba diet tradisional dari negeri sakura ini, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id