sign up SIGN UP

Nggak Lagi Jadi Remaja 'Jompo', Begini Lho Caranya Agar Badan Makin Energik & Tetap Awet Muda

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 07:00 WIB
Nggak Lagi Jadi Remaja 'Jompo', Begini Lho Caranya Agar Badan Makin Energik & Tetap Awet Muda
Foto: AniCara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/benzoixdya Milagsita

Beauties, pernah mendengar istilah 'remaja jompo'? Sebutan ini biasanya dipakai anak muda untuk menyebut diri mereka saat merasa mudah lelah, sering pegal-pegal, sampai kerapkali masuk angin. Bahkan ada starter pack khusus yang harus disediakan seperti minyak angin, koyo, ataupun obat herbal siap minum.

Padahal ada cara agar tubuh tetap sehat dan bugar yang bisa dilakukan dari sekarang. Tubuh yang sehat tentu akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam beraktivitas. Bukan hanya itu, menjaga kesehatan juga menjadi salah satu rahasia awet muda yang bikin kamu nggak lagi jadi remaja jompo, lho.

Ingin tahu gimana caranya? Simak lewat artikel berikut, yuk!

Mengurangi Kebiasaan Merokok

Buat kamu yang suka merokok, mungkin sekaranglah saatnya untuk berlatih mengurangi kebiasaan ini. Bukan rahasia umum kalau rokok bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, Beauties. Mengurangi kebiasaan ini secara berkala pun bisa meningkatkan peluang seseorang untuk berumur lebih panjang.

Membatasi rokok untuk menjaga kesehatan tetap bugar.
Cara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/nensuria

Seperti dikutip dari Very Well Healthsejumlah penelitian mengungkap tembakau bisa berdampak buruk terhadap kesehatan dan kesejahteraan baik pria maupun perempuan. Kebiasaan merokok berat bahkan bisa memotong satu dekade dari hidup seseorang dan memicu penyakit seperti diabetes atau jantung koroner. Bukan hanya itu, merokok juga memicu penuaan dini pada kulit, yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Tetap Aktif Bergerak

Adakah di antara kamu yang malas berolahraga, Beauties? Sebagian orang memang kurang suka melakukan aktivitas ini karena terlalu sibuk ataupun mager. Padahal olahraga dikenal sebagai aktivitas fisik yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan melakukan rutinitas olahraga, kondisi 'jompo' yang seringkali dikeluhkan anak muda justru bisa berkurang, lho.

Tetap aktif bergerak untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan lebih bugar.
Cara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/tirachardz

Masih dikutip dari laman yang sama, manfaat aktif bergerak secara fisik dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes, hingga meningkatkan peluang punya usia lebih lama. Sebuah studi tahun 2011 pada lebih dari 416.000 pria ataupun perempuan mengungkap olahraga 15 menit per hari dengan intensitas sedang, mengungkap individu dapat hidup 3 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Manajemen Stres dengan Baik

Bukan hanya kesehatan secara fisik, kondisi 'jompo' pada anak muda juga bisa diubah menjadi lebih bugar dan energik dengan melakukan manajemen stres, Beauties. Jarang disadari, stres dapat memberikan efek fisiologis. Seperti berkontribusi pada kondisi kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung, lemak perut, sampai ketahanan tubuh yang buruk.

Manajemen stres dengan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
Cara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/drobotdean

Melakukan manajemen stres seperti meditasi, lebih banyak tersenyum, menerapkan mindfulnesssampai self-hypnosis. Cara ini bisa dicoba untuk mengelola tingkat stres harian kamu agar menjadi lebih baik.

Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

Seringkali diabaikan ternyata kesehatan gigi dan mulut dapat berpengaruh pada kesehatan secara menyeluruh. Alasannya karena bagian tubuh ini menjadi pintu masuk ke saluran pernapasan sekaligus pencernaan. Bakteri di dalamnya kalau tidak dibersihkan dengan baik pun bisa memicu berbagai masalah kesehatan, Beauties.

Menjaga kebersihan gigi agar tubuh tetap sehat dan semakin bugar.
Cara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/racool_studio

Melansir dari Living Magazinemenjaga kesehatan gigi dan mulut bisa dilakukan dengan menyikat gigi dan rutin flossing setiap hari. Flossing sendiri adalah kegiatan membersihkan area gigi dengan benang khusus. Alat ini bisa dipakai untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau saat disikat. 

Tidur yang Cukup

Tidur menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup manusia yang harus dipenuhi tiap harinya. Kebiasaan begadang semalaman yang sering dilakukan anak muda inilah dapat menjadi salah satu penyebab kondisi 'jompo'. Padahal tidur sangat penting untuk kesejahteraan hidup seseorang. Kurangnya tidur justru dapat memicu kondisi kelelahan, sering mengantuk, kurang fokus, hingga jadi pelupa.

Menjaga tidur tetap tercukupi untuk tubuh tetap sehat dan semakin bugar.
Cara menjaga tubuh tetap energik dan bugar bagi anak muda/freepik/jcomp

Saat tidur otak membersihkan puing-puing pekerjaan sehari-hari. Selain itu, otak juga memproses ulang sekaligus memulihkan jaringan saraf, sehingga saat bangun nantinya bisa berfungsi sepenuhnya. Kebiasaan tidur 7-9 jam per hari dibutuhkan untuk menjaga kesehatan agar lebih baik, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id