STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Perlu Kamu Tahu, Deretan Makanan dan Minuman Ini Harus Mulai Kamu Hindari Kalau Tak Ingin Menopause Dini!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Minggu, 15 Jan 2023 10:30 WIB
Perlu Kamu Tahu, Deretan Makanan dan Minuman Ini Harus Mulai Kamu Hindari Kalau Tak Ingin Menopause Dini!

Pada perempuan, menopause ditandai dengan berhentinya menstruasi. Pada umumnya, perempuan akan mengalami menopause saat usia 48 sampai 50 tahun.

Meskipun tidak menutup kemungkinan jika menopause terjadi sebelum usia 40 tahun. Hal ini dikenal sebagai menopause dini atau menopause precock, sebagaimana yang dikutip dari detikHealth.

Beberapa dari makanan tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya menopause dini. Melansir dari CNN Indonesiaberikut deretan makanan dan minuman yang dapat memicu menopause dini pada perempuan. Simak selengkapnya! 

1. Fast Food

Fast food dapat memicu menopause dini.
Fast Food/ Foto: pexels.com/Caleb Oquendo 

Fast food atau makanan cepat saji sering disebut sebagai makanan yang tidak sehat. Hal ini lantaran makanan tersebut mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Padahal penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang rentan menyerang perempuan menopause. 

Sementara itu, menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), makanan cepat saji dapat meningkatkan berat badan, yang justru malah memperburuk gejala menopause.

Agar lebih sehat, kamu dapat mencoba membuat sandwich ayam panggang di atas roti gandum dengan selada dan tomat. 

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu menopause dini.
Makanan Pedas/ Foto: pexels.com/Cats Coming 

Makanan yang menjadi kesukaan banyak orang Indonesia ini memang cukup enak di lidah, namun sayangnya tidak baik untuk kesehatan dan juga bisa memicu gejala menopause lebih awal.

Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki skala panas tinggi yang dapat memicu gejala hot flashes, seperti keringat berlebih dan kemerahan. Untuk itu, cobalah mengganti cabai pedas seperti Jalapeno dengan menaburkan bumbu yang memberi rasa tanpa banyak panas, seperti jintan, kari, kunyit, dan kemangi.

3.  Daging Berlemak

Daging berlemak dapat memicu menopause dini.
Daging Berlemak/ Foto: pexels.com/Team Picsfast 

Makanan berupa daging berlemak seperti brisket dan steak memang begitu lezat, tetapi tidak sehat. Lantaran makanan tersebut dapat menurunkan kadar serotonin tubuh, dan saat kadar serotonin turun, seseorang akan mudah merasa marah, kesal, dan mudah tersinggung. 

Karena itu, cobalah untuk memilih alternatif pemangkas, seperti ayam, kalkun, dan daging giling yang 90 persen tidak berlemak. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE