sign up SIGN UP

Sering Diabaikan, 8 Rahasia Kecil Ini Bisa Menguatkan Cita Rasa Masakanmu!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 14:30 WIB
Sering Diabaikan, 8 Rahasia Kecil Ini Bisa Menguatkan Cita Rasa Masakanmu!
Ilustrasi memasak/Foto: Freepik/senivpetro

Beauties, memasak itu tak ubahnya mengukir karya seni. Takaran yang pas dan pengolahan yang tepat adalah kunci untuk menghasilkan hidangan yang lezat.

Tapi, tahukah kamu bahwa tak perlu resep istimewa untuk membuat hidangan yang nikmat dan penuh cita rasa? Meski menu yang kamu buat sederhana, kamu tetap bisa membuatnya kaya akan rasa seperti buatan koki restoran bintang lima.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak 8 cara sederhana untuk menguatkan cita rasa masakanmu berikut ini!

Jangan Buru-buru Mengiris Bawang Sebelum Diperlukan

Ilustrasi Mengiris Bawang /Foto: Pxabay/ Oliver Menyhart
Ilustrasi Mengiris Bawang /Foto: Pxabay/ Oliver Menyhart

Masakanmu perlu irisan bawang? Jangan buru-buru mengirisnya di awal, Beauties. Menurut laman America’s Test Kitchen, bawang putih maupun bawang merah akan memberi cita rasa gurih lebih baik saat diolah selagi segar. Irisan bawang yang terlalu lama direbus atau digoreng juga akan membuat masakan menjadi lebih hambar.

Untuk itu, lebih baik kamu baru mengiris bawang putih dan memasukannya di panci atau penggorengan saat hendak diolah. Jika kamu ingin menyajikan irisan bawang secara mentah, kamu bisa merendam potongan bawang di dalam air yang sudah diberi satu sendok teh baking soda. Hanya saja, jangan lupa untuk mencucinya sebelum dipakai ya, Beauties!

Jangan Buang Biji Tomat

Ilustrasi Tomat/Foto: Pixabay/ Steve Buissinne
Ilustrasi Tomat/Foto: Pixabay/ Steve Buissinne

Bagi kamu yang selalu menyingkirkan biji tomat saat memasak, sebaiknya kamu ingat rahasia satu ini.

Membuang biji dan lendir tomat memang diperlukan dalam salsa, omelet atau cassarole, karena lendir tomat akan membuat ketiga menu tersebut menjadi terlalu berair dan tidak matang sempurna. Namun, selain masakan yang serupa dengan ketiga menu tersebut, sebaiknya kamu berhenti mengecualikan isi tomat dari masakanmu. Dilansir dari laman The Kitchn, ahli makanan Chris Kimball mengatakan bahwa lendir tomat mengandung protein glutamat yang membuat makananmu tiga kali lebih gurih, lho!

Yakin, masih mau membuang biji tomat saat memasak?

Kurangi Paparan Cahaya dan Udara terhadap Bahan yang Mengandung Lemak

Ilustrasi Mentega/Foto: Pixabay/expict
Ilustrasi Mentega/Foto: Pixabay/expict

Mentega, minyak, dan kacang merupakan tiga bahan makanan yang menyumbang rasa gurih dari kandungan lemak mereka. Namun, cita rasa gurih ini akan berubah menjadi tengik ketika terlalu lama terpapar udara dan sinar matahari.

Jika kamu tidak ingin kehilangan rasa gurih alami dari bahan-bahan tersebut, maka pastikan penyimpanan bahan tersebut diatur dengan tepat. Mentega dan kacang lebih baik disimpan di dalam freezer, simpan kacang dan minyak kacang-kacangan di dalam kulkas, serta simpan minyak sayur di sudut yang gelap.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id