STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Dianggap Sepele, 10 Kebiasaan Ini Rupanya Bisa Bikin Umur Pendek, Duh!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Jumat, 21 Oct 2022 12:00 WIB
Sering Dianggap Sepele, 10 Kebiasaan Ini Rupanya Bisa Bikin Umur Pendek, Duh!

Beauties, apakah kamu sadar bahwa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan ternyata bisa memberi dampak baik dan buruk bagi tubuh? Ya, tentu apa yang kamu lakukan setiap harinya bisa berkontribusi pada kesehatan. 

Tak tanggung-tanggung, kebiasaan-kebiasaan yang mungkin kamu anggap sepele itu bahkan bisa membuat umur jadi lebih pendek, lho! Duh, apa saja? Berikut ulasannya!

Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan sakit pinggangTerlalu banyak duduk bisa bikin umur pendek/Foto: Freepik/Freepik

Pandemi COVID-19 mengubah banyak aspek dalam hidup, salah satunya mungkin membuat kamu jadi lebih banyak duduk. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, duduk terlalu lama atau lebih dari tiga jam sehari bisa memperpendek usia hingga dua tahun.

Tak hanya itu, duduk juga meningkatkan kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain yang bisa membuat kamu cepat meninggal dunia. Wah, segera ubah kebiasaan satu ini, yuk, Beauties!

Jika pekerjaan kamu mengharuskan untuk banyak duduk, setidaknya berdirilah dan berjalan-jalan setiap 30 menit sekali. Jangan hanya duduk di depan layar komputer.

Kurang Tidur atau Tidur Terlalu Banyak

Foto: freepik.comKurang tidur atau tidur terlalu banyak bisa bikin umur pendek/Foto: Freepik.com

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup akan meninggal lebih cepat. Orang yang sering begadang dan sulit tidur memiliki risiko kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan tidur mereka.

Setidaknya orang dewasa harus tidur tujuh sampai delapan jam semalam. Menurut Harvard Medical School's Healthy Sleep, kurang tidur dari lima jam tidak boleh, sementara lebih dari sembilan jam juga tidak bagus.

Kurang tidur bisa melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Semua ini bisa membuat kamu lebih cepat mendekat ke liang kubur tanpa disadari. Para ahli menyarankan agar orang tidur di waktu yang sama setiap malam, serta menghindari minum alkohol atau menggunakan alat-alat elektronik tiga jam sebelum tidur.

Banyak Konsumsi Daging Merah atau Daging Olahan

Manfaat berhenti konsumsi daging merah/Foto: Freepik.com/mdjaff Konsumsi daging merah bisa bikin umur pendek/Foto: Freepik.com/mdjaff

Menurut Harvard Men's Health Watch, setiap kali kamu menambahkan satu porsi daging merah atau daging olahan dalam menu makan harian, hal itu akan meningkatkan risiko kematian sekitar 13 persen.

Kamu bisa mengganti daging merah dengan bentuk protein lain, misalnya seperti ikan. Mengonsumsi ikan dapat mengurangi tingkat kematian sebesar 7 persen.

Biji-bijian dan unggas, seperti ayam dan kalkun, akan mengurangi risiko kematian hingga 14 persen, dan kacang-kacangan memberi kamu peluang terbaik untuk umur panjang dengan pengurangan risiko mati dini hingga 19 persen.

Melewatkan Sarapan

Ilustrasi perempuan yang sedang sarapan/Foto: Freepik/TirachardzMelewatkan sarapan bisa bikin umur pendek/Foto: Freepik/Tirachardz

Beauties, apakah kamu termasuk golongan yang selalu melewatkan sarapan? Jika ya, hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang.

Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa orang yang melewatkan sarapan justru mengalami masalah dengan berat badan. Orang yang melewatkan sarapan biasanya akan makan lebih banyak kalori di siang hari dan membuat mereka lebih mudah mengalami obesitas.

Menurut American Heart Association, orang yang sarapan pagi lebih sehat secara keseluruhan. Mereka memiliki kolesterol yang lebih baik, kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan tekanan darah yang lebih rendah daripada orang-orang yang biasa melewatkan sarapan.

Satu penelitian kecil bahkan menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat kematian yang meningkat sebesar 50 persen dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

Tidak Bahagia dan Takut Kematian

In a panic about her looming deadlinesTidak bahagia dan takut kematian bisa bikin umur pendek/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Stres dalam bentuk apa pun ternyata bisa sangat memperburuk kesehatan khususnya bagi jantung kamu, Beauties. Menurut Johns Hopkins Medicine, hampir semua emosi negatif yang berkepanjangan mulai dari kemarahan, dendam, hingga kesedihan akan menyebabkan beberapa masalah pada tubuh. Ketika kamu mengalami emosi negatif, tekanan darah naik, detak jantung melonjak, dan tubuh melepaskan hormon stres kortisol. Perlu diketahui, kortisol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, terlalu khawatir atau takut kematian ternyata bisa membuat kamu lebih dekat pada kematian itu sendiri. Ada banyak hal yang merenggut nyawa manusia, seperti serangan teroris, kanker, bencana alam, virus, dan lainnya. Terlalu paranoid dengan kematian bisa membuat seseorang terus merasa cemas dan pada akhirnya juga membunuh mereka secara perlahan.

Masih ada 5 kebiasaan sehari-hari lainnya yang bisa bikin umur pendek. Lanjutkan membaca DI SINI, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE