sign up SIGN UP

Si Kecil Cabai Rawit, Ini 5 Manfaat Konsumsi Chia Seed untuk Kesehatan, Termasuk Bikin Diet Sukses!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 07:15 WIB
Si Kecil Cabai Rawit, Ini 5 Manfaat Konsumsi Chia Seed untuk Kesehatan, Termasuk Bikin Diet Sukses!
Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan/Foto: iStock

Sempat ramai dibicarakan di kalangan orang-orang yang sedang menjalani diet. Mengonsumsi chia seed secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan lho, Beauties. Chia seed sendiri merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica.

Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat, antioksidan, protein, mineral, asam lemak omega-3, serta karbohidrat. Kandungan protein dan serat yang tinggi sekitar 9,75 gram per porsi, membuat chia seed dapat membantu menekan nafsu makan dan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Tertarik untuk mengonsumsi chia seed, ketahui manfaat dan cara mengonsumsinya terlebih dahulu. Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat dari chia seed untuk kesehatan. Simak yuk!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Chia seed dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan
Membantu Menurunkan Berat Badan/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Chia seed kaya akan serat dan protein, tak heran memiliki manfaat yang berguna untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah kelebihan berat badan dan obesitas. Sementara, protein berguna untuk mengurangi nafsu makan.

Biji chia seed sendiri dapat menyerap air dan mengembang. Hal ini lah yang membuat mengonsumsi chia seed untuk diet dapat membuat perut lebih kenyang.

2. Tinggi Nutrisi

Chia seed memiliki tinggi nutrisi
Tinggi Nutrisi/ Foto: Freepik.com/author/devmaryna

Tak diragukan lagi bahwa chia seed mengandung kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Biji chia seed merupakan sumber asam alfa linoleat (ALA), dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan asam lemak omega-6. Sementara itu, kandungan nutrisi per satu porsi 28,35 gram chia seed, yaitu:

  • Kalori : 138 gram
  • Protein : 4,7 gram
  • Lemak : 8.7 gram
  • Karbohidrat : 12 gram
  • Serat : 9,8 gram

Sehingga, dengan mengonsumsi chia seed secara rutin dapat membantu mencegah terkena penyakit kanker, jantung, dan peradangan.

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan tak hanya melindungi lemak sensitif, melainkan bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam chia seed memiliki efek memberikan perlindungan pada jantung dan hati, serta memiliki sifat anti-kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Chia seed dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung
Mengurangi Risiko Penyakit Jantung/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Mengandung serat dan omega-3 yang tinggi membuat biji chia seed bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Dari beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi chia seed dapat mengurangi tekanan darah tinggi, yang mana penyakit tersebut menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Chia seed dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang
Menjaga Kesehatan Tulang/ Foto: Freepik.com/author/benzoix

Beberapa kandungan penting untuk kesehatan tulang terdapat dalam biji chia seed, seperti magnesium dan fosfor. Satu ons biji chia seed mengandung 18% dari kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Hal tersebut penting untuk kesehatan tulang, otot, dan fungsi saraf. Dibanding dengan produk susu, chia seed lebih tinggi kandungan kalsiumnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id